TENTANG NITRO KOPI; APAKAH HANYA SEBUAH TREN?

Sejak fenomena nitro kopi meluas hampir ke seluruh dunia, banyak di kalangan penikmat kopi ingin mencobanya dan mencari tau tentang sajian kopi satu ini. Dari mulai berburu alat pembuat nitro kopi, sampai mencari alternatif cara membuat nitro kopi di rumah. Lalu, apakah nitro kopi bermanfaat bagi penikmatnya.

SEBELUMNYA, mari terlebih dahulu berkenalan asal mulanya nitro kopi dibuat, tidak lain dan tidak bukan karena dipelopori oleh sajian es kopi. Walaupun es kopi masih menyimpan misteri bagaimana asal mulanya, namun sajian kopi ini mampu menarik perhatian mereka yang tak menyukai kopi sama sekali. Sejak ditemukannya kopi, selanjutnya di abad ke-17 minuman kopi berimprovisasi menjadi sajian dingin yaitu es kopi. Ada 2 literatur yang sama kuatnya menjelaskan dari mana es kopi bermula, yang 1 menceritakan asalnya dari Austria dan 1 lagi bercerita mulanya dari Prancis.

Bermula dari es kopi kemudian seiring perkembangannya, banyak menu sajian es kopi yang bermunculan seperti iced latte, iced cappuccino, dan banyak lagi sajian iced coffee. Tren ice coffee pun perlahan mulai tergantikan, maka muncul lagi sajian cold brew yang tidak kalah mengundang daya tarik dan rasa penasaran ketika awal kemunculannya. Cold brew pun sebentar diterima para penikmat kopi, dengan rasanya yang unik. Diseduh dengan air suhu normal kemudian didinginkan, saat disajikan ice cube dan karakter rasa kopi menjadi istimewa ketika bertemu lidah perasa.

credit: flickr

Dan kemudian, muncul lagi tren sajian kopi dingin dengan sajian yang cukup unik, yaitu nitro kopi. Nitro kopi merupakan cold brew secara teknisnya, namun yang membuatnya beda cold brew ini dipadukan dengan nitrogen, sebabnya karakter rasa yang dihasilkan menjadi menarik. Bukan berarti manfaat dari kopi itu sendiri jadi hilang karena dipadukan oleh nitrogen. Kopi masih menyimpan sisi magisnya walaupun sudah menjadi nitro kopi.

Antioksidan
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kopi memiliki manfaat sebagai anti-aging, lebih besar kadarnya dibandingkan anti-aging dari coklat, green tea, dan herbal tea. Kopi merupakan minuman yang menghasilkan antioksidan terbaik, kopi mampu melawan jenis toksin dalam tubuh dan juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tingkatkan Kinerja
Sisi magis lainnya dari si kopi, dapat meningkatkan kinerja seseorang yang menikmatinya. Sebabnya ada yang memanfaatkan kopi sebagai booster ketika kerja, atau sebagai suplemen saat berolahraga.

credit: wellandgood.com

Tidak Perlu Gula
Karakter rasa dari nitro kopi sudah pada dasarnya memiliki rasa yang manis dan creamy, dengan rasa manis dari si kopi, namun ini tergantung biji kopi yang digunakan. Maka tidak perlu lagi menambahkan pemanis agar kopi menjadi sedikit manis.

Asam Yang Ramah
Kopi yang tersaji menjadi nitro kopi, kadar asamnya tidak terlalu kuat, bagi mereka yang tidak bisa ngopi karena takut asam memicu lambung mereka. Mungkin nitro kopi bisa menjadi pilihan kamu untuk bersahabat dengan rasa ingin nopi.

Nitro kopi bukan berarti menghilangkan manfaat yang ada pada kopi, malahan nitro kopi menjadikan kopi punya rasa yang menarik dan tekstur yang nyaman untuk diminum. Ingin sajian nitro kopi di kedai kopi kamu, cobain deh Brewista Nitro Cold Brew.

src: marketatthefareway.com buzzfeed.com img: instagram

188 total views, 3 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.