TENTANG PAPER FILTER: PILIH YANG PUTIH (BLEACHED) ATAU COKELAT (UNBLEACHED)?

Tak hanya perihal kopi yang memiliki banyak ragam dan rupa, perkara paper filter pun tak kalah beraneka. 

SEPERTI diketahui oleh para penikmat kopi sekalian  bahwa dalam menyeduh menggunakan alat seduh manual genre pour over pastilah menggunakan paper filter alias kertas penyaring. Meski pour over juga kadang menggunakan metal filter atau sock filter, tapi pengguna filter coffee paling banyak menggunakan kertas penyaring dalam ritual seduhnya. Alat-alat seduh seperti Hario V60, Kalita Wave & Flat Bottom, Chemex, Kinto Carafe, Bonavita Drip, Look Yami serta Aeropress pun menggunakan paper filter. 

Credit : lacolombe.files.wordpress.com

Namun perkara pour over tak hanya soal alat seduhnya saja. Tetapi juga masalah paper filter-nya yang ternyata memiliki dua jenis kertas yaitu kertas cokelat atau unbleached paper dan kertas putih atau bleached paper. Keduanya seperti dilangsir dalam perfectadailygrind.com memiliki perbedaan meski memiliki fungsi yang sama. Lalu apa sebenarnya perbedaan kedua kertas ini? Dan mana lebih baik untuk mencipta kopi enak?

Kertas Penyaring Putih (Bleached Paper Filter)

Seperti namanya, bleached paper filter ini berwarna putih dan biasanya untuk alat seduh manual pour over seperti Kalita, Chemex, Hario V60, dan banyak lagi. Warnanya yang putih dikarenakan telah melalui proses pemutihan. Proses pemutihan kertas ini biasa dikenal dengan oxygen-bleaching yang mana menggunakan sejumlah kecil zat bernama klorin dalam prosesnya.

Meski dahulu oxygen-bleaching dianggap berbahaya namun kini sejumlah peneliti telah menepis hal itu. Proses pemutihan pada kertas penyaring dianggap aman untuk dipakai menyeduh kopi. Namun, kelemahannya adalah paper filter ini mencemari lingkungan dalam proses pembuatannya. Oxygen-bleaching yang menggunakan klorin ini terbukti mencemari lingkungan. Sedangkan kelebihan dari bleached paper filter ini adalah ‘rasa kertas’ atau papery lebih tidak kentara dibandingkan dengan unbleached paper filter. Hal ini menyebabkan rasa kopi yang “katanya” lebih enak karena bersih dari aroma kertas.

Credit : downshiftology.com

Kertas Penyaring Cokelat (Unbleached Paper Filter)

Paper filter yang satu ini dikenal dengan sebutan natural paper filter karena memang tidak melalui proses kimiawi. Warna cokelat pada kertas penyaring kopi ini tanpa mendapat sentuhan pemutih dan asli dari bahan dasarnya. Unbleached paper filter biasanya ada pada paper filter sama seperti bleached paper filter yaitu Hario V60, Kalita, Chemex dan banyak lagi.

Kelebihan dari paper filter ini adalah lebih ramah lingkungan karena prosesnya tidak menggunakan klorin sehingga baik untuk lingkungan dan mendukung program eco-friendly. Meski begitu tentu ada kelemahannya yaitu paper filter ini lebih papery. Aroma kertasnya lebih kuat dan jika tidak disiram air panas (rinsing) berkali-kali pada suhu tinggi bisa-bisa aroma kertasnya terikut pada hasil seduhan kopi.

Credit : shopify.com

Kesimpulan

Baik unbleached paper filter atau bleached paper filter keduanya memiliki kelemahan dan kekurangan. Semuanya kembali ke selera dan kegemaran seduh tiap orang. Untuk apapun jenis paper filter-nya kamu wajib melakukan proses pembilasan agar lebih higienis dan menghindari rasa dan aroma papery. Oh iya, beda metode seduh manual beda pula ketebalan dan kualitas paper filter-nya. Misalnya, paper filter untuk Hario V60 pastilah berbeda dengan Chemex. Karena ketebalan dan kualitas yang berbeda tentu hasil seduhan kopi juga berbeda.

Foto utama dari prima-coffee.com

 

13,193 total views, 8 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.