TENTANG SWISS GOLD FILTER

Swiss gold filter adalah satu lagi pendatang baru di dunia pour over.

INDUSTRI kopi memang seolah tidak pernah berhenti berinovasi. Ketika era third wave saja masih belum usai gaungnya, sudah muncul tren baru lagi yang siap-siap menggesernya. Di bidang pour over pun begitu, ketika tekhnik V60 masih dirasa hangat, filter dengan inovasi baru pun sudah muncul lagi. Salah satu rookie yang siap menarik perhatian para penggemar pour over adalah Swiss Gold Filter.

 

Apa itu Swiss Gold filter?

swiss-gold

Swiss gold filter yang terkesan elegan dan classy ini merupakan produk kolaborasi ciptaan perusahaan Frieling USA Inc dengan partner mereka, Swiss Gold. FYI, filter ini sama sekali berbeda dengan Swiss Gold original cone filter (berbentuk kerucut) yang diproduksi Swiss Gold sebelumnya. Filter yang kemudian dinamai Frieling Swiss Gold Filter ini merupakan brewer berkapasitas 1 cup dan menggunakan emas asli 23 karat sebagai lapisan cone filternya.

Filter ini pun sebenarnya bukan filter pertama yang menggunakan emas sebagai bahan bakunya—ada Gold Kone yang digunakan Chemex, for crying out loud. Nah pertanyaannya, kenapa harus emas? Oke, emas merupakan bahan metal yang dikenal netral secara kimiawi, jadi ia tidak akan memengaruhi rasa ketika diseduh. Emas juga bersifat tidak mengoksidasi sehingga bisa menghasilkan hasil seduhan yang murni dan utuh, tidak memiliki risiko yang mungkin diakibatkan oleh penggunaan metal filter lain atau bahkan paper filter. Filter ini juga memastikan bahwa hanya ampasnya sajalah yang tertinggal dan membawa segala rasa juga karakteristik bersama kopi ketika proses seduh berlangsung.

 

Ekspekstasi dari Swiss Gold Filter?

Ya, namanya emas memang nggak ada yang murah. Pun filter ini agak-agak lumayan juga sih harganya, tapi it’s worth it. Istilah halusnya, Swiss Gold Filter adalah investasi karena bahannya yang tahan lama, mudah dibersihkan dan tidak akan berkarat. Di sisi lain, filter ini merupakan solusi lain bagi mereka yang barangkali ingin lebih ramah lingkungan dengan tidak menggunakan paper filter.

Selain menggunakan Swiss Gold filter yang cukup cepat dan mudah, ia juga menghasilkan penyeduhan yang konsisten. Di beberapa pemakaian, kadang hasilnya adalah body yang lebih full, aroma yang lebih kuat dan notes yang lebih jelas.

Jika kamu adalah tipe yang menyukai kopi-kopi berkarakter bersih dan jernih, filter ini mungkin kurang menjadi opsi yang tepat. It’s a metal filter, however. Namun jika ingin tetap mencobanya, menggiling biji kopi sedikit lebih kasar bisa menjadi solusinya.

 

Cara brewing dengan menggunakan Swiss Gold Filter

1. Ukuran gilingan

Ukuran gilingan tetap perlu disesuaikan menurut “selera” dan lamanya waktu seduh yang diinginkan. Namun sebagai rekomendasi, bisa menggunakan ukuran medium grind.

2. Dosis kopi/rasio penyeduhan

Sebagai rekomendasi, takarannya bisa menggunakan 15 gram untuk 150 ml (dengan rasio 1:10). Tapi ini pun kembali lagi ke selera masing-masing.

3. Suhu air

Umumnya suhu air yang baik untuk menyeduh tidak lebih dari 90°C. But again, ada peminum kopi yang suka menyeduh dengan suhu diatas 90°C.

4. Waktu penyeduhan

Untuk menyeduh dengan menggunakan Swis Gold brewer, biasanya waktu yang diperlukan adalah sekitar 2 – 2 ½ menit.

 

Proses penyeduhan

Sebagaimana proses penyeduhan ala metode manual brew lainnya, kita tetap harus membersihkan filter terlebih dahulu dan memanaskan air tepat sebelum menyeduh kopi. Untuk filter Swiss Gold-nya sendiri, memang nggak mutlak apakah harus dipanaskan terlebih dahulu (setelah dibersihkan), tapi jika suka… ya, silakan.

swiss gold filter brewing

Untuk menyeduhnya:

  1. Singkirkan dulu bagian atasan (top) dan basket One Cup Brewer—set brewer yang termasuk ke dalam rangkaian Swiss Gold filter.
  2. Masukkan bubuk kopi ke dalam Swiss gold filter. Jangan lupa ratakan bubuk kopi setelah memasukkannya ke dalam filter agar proses ekstraksi bisa lebih merata ketika penyeduhan.
  3. Pasang kembali basket ke dalam Swiss gold filter.
  4. Tuangkan sekitar 30 gram air dengan perlahan. Biarkan blooming sebentar kira-kira 30 detik.
  5. Tuangkan sisa air hingga mencapai kira-kira batas garis akhir dari filter, lalu tutup.
  6. Biarkan kopi menetes dengan sendiri, tidak perlu “diganggu-gugat”—ini jugalah yang membedakannya dengan tekhnik pour over. Umumnya, lamanya proses dripping atau terseduhnya kopi ke cangkir kira-kira sekitar 2 – 2 ½ menit.
  7. Ketika kopi benar-benar sudah terseduh seluruhnya, sajikan.

menyeduh dengan swiss gold

Selamat menikmati.

 

filter
Foto dari: Industry Beans dan situs pencari.

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.