TETAP SEHAT DENGAN KOPI DI BULAN PUASA

Kita tak harus 100% berhenti dari kopi selama bulan ramadan ini. Tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan dan disesuaikan agar ritual ngopi tak menganggu aktivitas di bulan suci.

BEBERAPA orang bertanya “apakah bulan puasa berarti harus puasa 30 hari dari kopi?”. Jawabannya tidak, hanya saja ritual ngopinya tak bisa sama seperti di hari-hari sebelum ramadan tiba. Saat menjalankan ibadah puasa, kondisi tubuh otomatis berubah. Jadwal kegiatan pun ikut berubah. Maka, jadwal ngopi sepaket dengan kadarnya pasti ikutan bergeser juga.

Credit : shopify.com

Saat menjalankan puasa tubuh mengalami banyak perubahan itu terjadi karena di siang hari kita tidak mengonsumsi apapun, cairan tubuh berkurang dan lain sebagainya. Maka, yang harus diperhatikan sebenarnya adalah bagaimana reaksi tubuh kita terhadap kafein itu sendiri. Beberapa orang aman ngopi di waktu sahur dan berbuka. Tapi tak sedikit yang terganggu kesehatannya saat ngopi di waktu sahur. Dan terganggu waktu tidurnya saat ngopi di waktu berbuka.

Lalu apa yang harus dilakukan agar ritual ngopi senantiasa lancar jaya di bulan suci ini?

  • dengarkan tubuhmu dahulu. mulailah menikmati kopi beberapa jam setelah berbuka. Saat tubuh sudah menerima makanan yang cukup, coba seduh kopi sedikit. Jika biasa kamu menyeduh 20 gram sekali seduh, bisa dimulai dengan 12 gram saja. Jika aman untuk tubuh dan tak menganggu jadwal tidur, maka ritual ini bisa dilanjutkan.
  • imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Bagaimana pun kopi memicu kita untuk dehidrasi dan haus. Selama puasa tubuh sudah otomatis kekurangan cairan. Jika kamu ingin tetap ngopi, pastikan mengonsumsi air putih secara cukup, ya.
Credit : ravenbait.com
  • makan bernutrisi dan konsumsi buah bervitamin C. Tanpa ngopi pun ini sudah sangat diancurkan, ya. Jadi agar senantiasa bugar dan ngopinya tetap lancar jangan lewatkan poin ini.
  • kurangi konsumsi kopi dengan kandungan gula yang tinggi. Gula tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi sering dan dalam jumlah yang banyak. Di bulan puasa tubuh lebih rentan, jadi disarankan konsumsi kopi sehat agar tubuh ikut sehat pula.
  • pilih kopi dengan kadar kafein sedikit. Karena takutnya kafein yang banyak seperti terdapat pada robusta bisa membuat energimu membuncah sesudah berbuka dan membuat kamu sulit tidur di malam hari. Nikmati arabika dengan kadar yang cukup. Dan kalau ada decaf coffee juga disarankan.

Selamat berpuasa di bulan ramadan Teman Otten!

 

Foto utama dari mexicalibariatric.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.