THE THIRTY SIX: ‘RUMAHNYA’ NGOPI ENAK

Kedai kopi yang baik mewakili tiga hal: kopinya nikmat, tempatnya nyaman, baristanya menyenangkan. The Thirty Six mewakili ketiganya.

 SAMSUNG CSC

Jika ada teman yang datang dari luar kota dan bertanya di mana tempat ngopi yang enak di Medan, maka Thirty Six adalah satu dari beberapa coffee shop yang saya rekomendasikan. Saya sendiri senang sekali ngopi di sini, apalagi setelah mereka renovasi dan menciptakan coffee bar yang luas dan menyenangkan. Saya sering memilih duduk di kursi yang tak dipilih orang. Maklum, di Medan orang lebih suka duduk di kursi biasa tempat mereka bisa nongkrong beramai-ramai. Tak terbiasa duduk di kursi tinggi menghadap jendela atau duduk di bar sambil menyaksikan barista meracik kopi-kopi andalannya.

Thirty Six yang berlokasi di Jalan Multatuli No. 36 ini memang menjadi sebuah persinggahan yang strategis. Kafe yang bangunanya berbentuk rumah dengan parkiran luas ini memang menjadi tempat favorit saya untuk makan atau sekedar mmenuhi kebutuhan kafein saya. Thirty Six terdiri dari indoor dan outdoor dan keduanya sama-sama luas. Jendela besar yang mengelilinginya menambah kesan luas dan melegakan dari tempat ini. Jika cuaca tak terlalu panas, saya suka duduk di bagian outdoor sambil ngobrol ngalur-ngidul bersama teman.

Saat mampir ke sini saya tentu tidak melewatkan menikmati single origin yang diseduh dengan manual brew pour over. Maklum sebagai pecinta manual brewing rasanya hidup takkan lengkap jika tak minum kopi jenis begini Apalagi salah satu barista Thirty Six pernah menjuarai Manual Brew Championship di kota ini. Saat pengin kopi yang agak milky, secangkir cappuccino nikmat sekali dinikmati selagi hangat. Tak hanya kopi mereka yang juara. Di sini juga disediakan banyak sekali aneka main course yang bikin perut bahagia. Oh iya, menu sarapan juga tersedia untuk kamu yang lapar saat pagi tiba.

Tapi sebagai penikmat kopi tak lengkap rasanya jika ngopi tak ditemani makanan manis, Thirty Six memiliki banyak sekali dessert nikmat yang cocok untuk teman ngopi kamu. Saya paling suka dengan Green Apple Parfait dan Oreo Cheese Tart. Rasa manis dicampur dengan segarnya apel menjadikan Green Apple Parfait dessert yang tak boleh dilewatkan. Sedang manisnya Oreo Cheese Tart dalam kelembutan sekali gigit pas banget untuk mengimbangi rasa kopi yang pahit. Aduh, saya jadi lapar.

Belum cukup sampai di situ, untuk kamu yang ingin membawa pulang biji kopi ataupun yang berbentuk bubuk, Thirty Six juga menjual kopi yang siap dibawa pulang. Karena selain menjadi tempat nongkrong, Thirty Six juga memiliki roaster machine dan mereka menyangrai kebutuhan kopi mereka sendiri. Sudah tahu ‘kan kenapa kopi mereka enak dan berkualitas? Well, sudah cukup cerita tentang The Thirty Six, sekarang kamu sudah tahu kemana harus pergi jika hasrat untuk ngopi tiba-tiba menyerang.

 

 

The Thirty Six

Jalan Multatuli No. 36

Medan

1,120 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.