TIGA VARIASI BELLMAN DAN PERBEDAANNYA

Alat pembuat espresso asal Taiwan ini kerap dipilih oleh mereka yang ingin menyajikan kopi ala kafe di rumah. Namun apa beda ketiga variasinya?

PADA keterangan di situs resmi mereka, perusahaan Bellman sebetulnya sudah didirikan sejak 39 tahun lalu di Taiwan. Saat itu mereka sudah memproduksi berbagai kebutuhan mesin dan segala perkakasnya pada 1979. Namun, di tahun 1984 mereka mulai mengkhususkan segmentasi perusahaannya dengan menghasilkan alat-alat pembuat espresso dan cappuccino, utamanya untuk kebutuhan pemakaian rumahan.

Ada 3 variasi Bellman stove top yang umumnya populer di pasaran, yaitu CX-25, CX-25P, dan CX-25 S. Ketiga Bellman ini didesain sesuai dengan kebutuhan yang berbeda pula. Namun, banyak penggemar kopi yang masih belum mengetahui beda ketiga jenis Bellman ini sehingga akibatnya menjadi salah memilih untuk kebutuhan yang seharusnya. Apa-apa saja beda ketiganya?

Bellman CX-25

Bellman seri ini adalah pembuat kopi yang hadir dengan desain klasik khas Italia dan dilengkapi dengan material stainless steel berkualitas 18/10. Bellman Company memproduksi alat pembuat kopi ini dengan mengadaptasi prinsip yang sama dari mesin kopi tipe atomik ciptaan Giordano Robbiati yang cukup terkenal. (Mesin tipe atomik Robbiati ditemukan pada akhir 1940an dan dianggap salah satu inovasi espresso maker pada waktu itu karena desainnya yang ringkas namun berdaya kuat, persis seperti desain Bellman seri ini).

Bellman CX-25 dan bagian-bagiannya.

Bellman CX-25 telah diperbaharui dengan fitur desain filter basket, tapi masih menggunakan gaya fungsional dan kualitas sekaligus konstruksi Bakelite dan stainless steel yang sama. Kombinasi ini menjadikan Bellman seri CX-25 bisa menghasilkan kopi yang cenderung intens –seperti hasil dari mokapot khas Italia umumnya– sekaligus uap yang cukup kuat untuk menghasilkan frothed milk dan memanaskan susu untuk keperluan minuman milk based.

Fitur kunci: filter basket dengan desain yang telah diperbaharui.

Cocok untuk penggunaan: rumah (untuk memenuhi kebutuhan kopi sehari-hari), kegiatan outdoor seperti camping dan bepergian. (Bellman CX-25 bisa digunakan dengan kompor gas atau listrik. Tapi tidak bisa digunakan pada kompor induksi, kecuali Anda memiliki pelat adaptor tambahan).

Menggunakan Bellman.

 

Bellman CX-25P

Konsepnya masih mirip dengan CX-25, masih dengan menggunakan material stainless steel berkualitas 18/10. Namun, Bellman seri ini telah dilengkapi dengan fitur pressure gauge (pengukur tekanan) dan frothing wand (tongkat untuk frothing susu). Bellman CX-25P bergaya retro ini “terinspirasi” dari jajaran mesin-mesin stovetop –yang pernah dikenal dengan nama Vesubio, lalu mengalami berbagai transformasi panjang di bawah nama-nama antara lain Elebak, Via Veneto, lalu Benjamin & Medwin– dan juga mampu menghasilkan uap yang cukup kuat untuk keperluan frothing susu seperti pada CX-25.

Pressure gauge pada Bellman CX-25P merupakan fitur terbaru dan sekaligus inovasi yang benar-benar baru yang dihadirkan Bellman untuk desain klasik mesin stovetop produksinya. (Pada saat gauge berada di zona hijau, itu berarti Anda siap membuat espresso. Biarkan hingga gauge berada di zona kuning untuk mulai proses frothing susu).

Bellman CX-25P dilengkapi dengan pressure gauge.

Konstruksi masih menggunakan konstruksi Bakelite yang tahan panas dan stainless steel, dengan bagian atas yang bisa dilepas pasang untuk proses pembersihan yang lebih mudah, dan tampilan desain bergaya industrial yang bisa menambah kesan modern pada sudut dapur.

Fitur kunci: pressure gauge, yang sekaligus merupakan inovasi baru pada produk-produk Bellman.

Cocok untuk penggunaan: kebutuhan rumah, camping dan bepergian. (Bellman CX-25P hanya bisa digunakan dengan kompor gas atau listrik).

 

Bellman CX-25S

Bellman seri CX-25S adalah “stovetop” pelengkap yang berfungsi untuk proses frothing susu, atau steaming, yang umumnya dibutuhkan untuk membuat variasi minuman selain espresso, misalnya seperti milk-based, atau minuman coklat panas. Bellman seri CX-25S terbuat dari material INOX stainless steel berkualitas 18/10 yang heavy duty, dan juga plastik bakelite.

Bellman CX-25S dan bagian-bagiannya.

Bellman seri ini diadaptasi menurut (stovetop) desain Italia dari tahun 1960, ideal untuk digunakan bersama dengan Mokapot atau alat pembuat espresso manual lainnya.

Fitur kunci: Steamer – Bellman seri CX-25S hanya untuk frothing susu.

 

 

Selamat membuat kopi ala kafe dengan Bellman!

 

Sebagian foto diambil dari situs resmi Bellman dan Dibartoli(dot)com(au)

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.