TIPS AEROPRESS; CARA MEMANIPULASI KARAKTER RASA KOPI

Sebagai penikmat kopi, metode apa yang menjadi favorit kamu setiap hari, apakah French Press yang mampu hadirkan karakter rasa yang begitu kaya, bagaimana dengan AeroPress?

KARAKTER rasa dari kopi apakah bisa dimanipulasi? Sejatinya karakter rasa dari kopi berasal dari karakter kopi itu sendiri, ada origin kopi yang memang sudah berkarakter manis buah-buahan, banyak juga origin kopi yang memiliki karakter rasa ketika di mulut terasa begitu nikmat yang kental; ini sering disebut juga dengan karakter body kopi. Sebabnya beberapa origin kopi sangat sesuai untuk disangrai pada tingkatan light roast, karena berbeda tingkatan dalam menyangrai juga dapat menghasilkan karakter rasa tertentu. Dan lagi, dengan metode seduh yang berbeda juga memberikan perbedaan pada rasa si kopi. Belum lagi, metode seduh yang sama bisa saja menghasilkan karakter rasa yang berbeda, karena tiap barista memiliki perbedaan resep kopi dalam menyeduhnya.

Di balik misteri karakter rasa kopi, rahasianya ada pada ekstraksi kopi, bagaimana ekstraksi kopi ketika menyeduh kopi, apakah sudah optimal? Untuk memanipulasi rasa kopi pada tiap seduhannya, haruslah seorang penyeduh kopi paham tentang teori ekstraksi kopi, di tiap seduh mungkin berbeda teori ekstraksi. Hanya saja yang perlu diperhatikan, lamanya waktu menyeduh dan ukuran gilingan kopi, atau lebih akrabnya brew time dan grind size. Jika kamu pernah melihat grinder di meja barista, mengapa ada yang menggunakan grinder sampai 2 mesin grinder, ini perihal ukuran gilingan kopi umumnya berbeda. Optimalnya gilingan kopi untuk sajian espresso pada skala halus, begitu juga dengan AeroPress ukuran gilingan kopi juga pada skala halus, namun untuk menjaga konsistensi rasa, amannya grinder yang digunakan 2 mesin grinder. Untuk memahami cara kerja AeroPress tidak hanya harus mengetahui brew time dan grind size saja, beberapa elemen penting dalam menyeduh kopi seperti suhu air juga perlu dipertimbangkan.

credit: flickr

Grind Size dan Brew Time | Ukuran gilingan kopi mengacu pada waktu penyeduhan, tidak hanya pada AeroPress, metode seduh lainnya, grind size dan brew time menjadi acuan untuk menciptakan karakter rasa yang diinginkan. Apakah itu untuk menghadirkan karakter rasa asam buah, body yang penuh, atau mencari keseimbangan rasa si kopi.
Jika kamu ingin menghadirkan karakter body yang penuh pada seduhan AeroPress gunakan ukuran gilingan kopi yang halus, karena bubuk kopi yang halus akan memberikan waktu agak lebih lama ketika AeroPress ditekan dan ini berhubungan dengan ekstraksi kopi. Bayangkan jika menggunakan bubuk kopi yang kasar, air dengan mudah mengaliri bubuk kopi sehingga waktu menyeduhnya begitu cepat dan ekstraksi kopi pun begitu singkat. Apa jadinya karakter rasa yang tercipta?

credit: coffeemag.ru

Suhu Air | Temperatur air umumnya menggunakan suhu air pada titik 91–96°C pada tiap metode seduh, namun taukah kamu untuk memanipulasi karakter rasa pada AeroPress kamu butuh suhu air lain dari kebanyakan orang gunakan. Pada titik suhu air 80–85°C kamu dapat menghadirkan karakter rasa kopi yang lembut, jika menggunakan origin kopi yang memiliki karakter keras bermain di suhu air juga menjadi opsional yang layak kamu coba.

credit: HelloZdrowie

Filter AeroPress | Bagaimana dengan kertas penyaring AeroPress, beberapa barista percaya menggunakan 2 paper filter untuk menyaring kopi akan menghadirkan karakter rasa lebih lembut, benarkah? Karakter rasa akan menjadi lebih lembut menggunakah paper filter, jika kamu ingin menghadirkan karakter body pada sajian AeroPress yang kamu buat, ada baiknya menggunakan metal filter AeroPress seperti Able Disk Coffee Filter. Karakter body hadir karena skala minyak kopi, namun dengan paper filter minyak kopi akan terserap sehingga inilah mengapa karakter kopi menjadi lebih lembut menggunakan paper filter. Untuk menginginkan karakter body baiknya menggunakan metal filter.

Resep AeroPress

Resep kopi bukan berarti merupakan sajian yang paling benar untuk menyeduh menggunakan metode tertentu, anggaplah resep ini acuan untuk menciptakan resep kopi kamu sendiri. Berikut ini resep kopi yang digunakan Ben Jones, yang membuatnya menjadi juara AeroPress Champion USA pada tahun 2016 lalu.

Biji Kopi : Colombia
Berat Kopi : 26g
Volume Air : 250 ml
Suhu Air : 205°F (96°C)
Ukuran Gilingan Kopi : Bubuk kopi halus digiling mesin grinder Mahlkonig EK 43 pada skala 8
Filter  : 2 paper filters diatas Abel fine metal disc
Metode AeroPress  : Traditional/Standard
credit: Blue Bottle Coffee

Muncul pertanyaan, kapan tepatnya barista berhenti menekan AeroPress mereka? Di akhir-akhir barista menekan AeroPress mereka, ada suara udara pelan keluar ‘hiisss’ di sinilah banyak barista berhenti menekan, dan sajian kopi AeroPress siap disajikan. Tapi apa berbedaannya jika tidak berhenti menekan ketika ada suara udara pelan yang keluar? Jika menginginkan karakter body yang kuat, baiknya menekan AeroPress sampai akhir, sampai benar-benar bubuk kopi menjadi kering. Bagaimana pengalaman kamu menggunakan AeroPress, apakah tersaji lembut atau full body?

src: perfectdailygrind.com img: media npr

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.