TIPS AGAR GIGI TETAP PUTIH MESKI SERING NGOPI

Banyak yang khawatir jika mengonsumsi kopi warna gigi akan berubah dan tak putih cemerlang lagi. Padahal ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kesehatan gigi tetap terjaga.

KOPI, minuman beralkohol, minuman soda, minuman manis dan beberapa minuman dengan pewarna lainnya jika dikonsumsi secara rutin akan menyebabkan berubahnya warna pada gigi kita. Maklum karena minuman tersebut bersentuhan langsung dengan gigi saat kita mengonsumsinya.

Banyak juga teman-teman saya yang ingin mengonsumsi kopi tapi enggan memulai karena takut warna gigi putih mereka berubah menjadi kekuningan dikarenakan kafein dan warna khas kopi yang hitam. Memang, kopi mampu mengubah warna gigi jika tidak diperhatikan kesehehatan giginya. Namun ada lho tips sederhana yang bisa ditiru agar gigi senantiasa putih cerah meski mengonsumsi setiap hari. Yuk ikuti tipsnya!

credit : ourhomelove.com

Berkumur 

Sangat disarankan untuk berkumur kurang lebih 10 detik sehabis minum kopi. Hal ini mampu meluruhkan sisa-sisa kopi yang masih tertinggal di rongga mulut dan gigi kita. Jadi sehabis ngopi biasakan untuk berkumur dengan air selama 10 detik. Berkumur dengan rutin mampu mengurangi risiko menguningnya gigi karena selalu dibersihkan.

Hindari Minum Kopi yang Manis

Kopi dengan pemanis memperparah kerusakan gigi dan lapisan enamel yang ada pada gigi kita. Jadi kalau bisa kurangi minum kopi dengan pemanis yang terlalu tinggi kandungannya. Dan kalau pun terjadi tetap berkumur setelah mengonsumsinya.

Sikat Gigi dengan Pasta Stroberi

Pasta stroberi yang dimaksud adalah buah stroberi dengan campuran soda kue atau baking soda. Stroberi dan baking soda mengandung asam malat yang bekerja secara efektif untuk menghilangkan noda dan zat lain di permukaan gigi kita. Cara membuatnya cukup muda. Ambil 3-4 stroberi segar lalu giling hingga halus. Setelah itu campurkan 1 sendok teh baking soda dan aduk hingga tercampur rata. Lalu aplikasikan pada gigi dengan mengoleskannya pada gigi menggunakan sikat gigi. Diamkan kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan berkumur.

Ingat! Ini  hanya bisa kamu lakukan paling banyak 2x sebulan. Karena jika terlalu sering mampu merusak enamel pada gigi kita. Selamat mencoba!

 

Artikel disunting dari www.health.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.