TIPS BELI ALAT HOME BREWER UNTUK SEDUH KOPI SENDIRI

Di antara kita yang sudah sangat akrab menikmati seduhan kopi di coffee shop, tentu ada perasaan ingin mencoba seduh kopi sendiri di rumah, bagaimana merasakan pengalaman seduh yang tiap kali dilakukan oleh barista ketika membuatkan kopi untuk pelanggan mereka. Namun untuk menjadi home brewer, mulai dari mana?

BANYAK manfaat seduh kopi sendiri di rumah, selain dapat menghemat pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan ngopi, seduh kopi sendiri membuat seseorang menjadi lebih fokus ketika menyeduh kopi berbeda dari hari biasanya. Bahkan, tidak sedikit yang mahir berawal dari dapur seduh kopi mereka di rumah, dan menjadi home barista yang memenangkan kompetisi brewing di banyak tempat. Tiap orang punya cerita seduhnya sendiri, ada yang awalnya magang di coffee shop untuk belajar kopi, ada juga yang langsung membeli alat seduh dan belajar kopi dari ragam referensi. Jika kamu ingin mulai dari dapur seduh di rumah, tentunya harus membeli alat kopi terlebih dahulu, dan berikut sedikit tips sebelum kamu membeli alat seduh kopi untuk di rumah.

TENTUKAN ALAT KOPI YANG DIPERLUKAN
Sebelum menentukan alat seduh yang akan kamu beli, tentunya lebih baik melengkapi alat seduh seperti grinder, kettle, dan perlengkapan permulaan lainnya yang dianggap perlu, semisal scale, termometer, dll. Kemudian ketika perlengkapan awal sudah dilengkapi, minimal manual grinder maka selanjutnya mudah untuk upgrade alat kopi lainnya.

Bagi seseorang yang fanatik dengan sajian dripper, mungkin kamu akan membuat daftar beli seperti dripper V60, Kalita Wave atau pun Chemex. Apa pun alat kopi yang akan kamu beli, pastikan memang sesuai kebutuhan ngopi kamu. Jika, sajian kopimu begitu sulit untuk ditebak, terkadang perlu sajian yang keras kadang juga perlu tambahan susu, pastinya kamu akan memasukkan espresso maker ke dalam daftar yang akan kamu beli.

credit: reddit

MENYESUAIKAN BUDGET DENGAN KEINGINAN
Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah budget, maka dari itu cobalah minimalisir perlengkapan yang ada dalam daftar beli kamu. Pilihlah alat kopi yang memang sangat diinginkan, semisal dripper cobalah pilih salah satu antara V60, Kalita Wave atau pun Chemex. Maka selanjutnya, jika budget sudah memadai untuk upgrade alat kopi, buka kembali daftar alat kopi yang akan kamu beli. Sementara itu, tentukan prioritas untuk alat kopi yang akan melengkapi dapur seduh kopi kita.

MENUNGGU MOMEN DISKONAN ATAU PROMO BULANAN
Ada dua tipe pemburu alat kopi, membeli langsung ke toko yang menjual alat-alat kopi atau membeli secara online kemudian dikirim melalui jasa pengiriman. Membeli secara online, sangat memudahkan dan menghemat waktu tentunya, jika ingin membeli secara online coba perhatikan bagaimana standar prosedur laman online yang menjualnya. Dan kemudian, jika bersabar sedikit biasanya laman penjual yang sudah terpercaya akan menawarkan diskonan di momen tertentu atau promo bulanan.

Setelah alat kopi melengkapi dapur seduh di rumah, mulailah mencari referensi seduh dengan alat kopi tersebut. Tentunya akan sangat menyenangkan mengeksplorasi sendiri bagaimana hasil seduh kopi kita, dan belajar bagaimana membuat secangkir kopi nikmat yang konsisten.

img: summitcoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.