TIPS HEMAT BELANJA ALAT KOPI!

Hobi kopi memang tidak murah. Namun bukan berarti tak bisa dicari ‘jalan lebih hematnya’.

SAYA mengakui bahwa mencandu kopi memang tak semurah yang dikira. Pencandu kopi umumnya sukar puas dengan satu alat seduh saja, satu metode saja. Jika sudah lumayan mahir dengan pour over, biasanya ingin coba metode lain. Dan eksperimen yang memuaskan gairah ngopi ini memerlukan budget pula. Untuk itu, saya ingin berbagi tips hemat sederhana dalam berbelanja alat kopi. Mungkin ada yang sudah mengaplikasikannya. Namun jika kamu belum tahu tipsnya, silakan baca terus di bawah ini ya.

Prioritaskan Belanja Alat yang Berbeda Metode Seduhnya

Maksudnya adalah jika kamu sudah punya Hario V60 yang masuk dalam genre pour over, membeli Kalita Wave yang juga genre sama sebaiknya ditunda dulu. Lebih baik kamu membeli alat seduh yang metodenya beda. Seperti Aeropress atau French Press contohnya. Ritual seduh akan lebih variatif. Yah, tapi kalau budget bukan halangan semua ya sah-sah saja.

Daftar Jadi Member Di Toko Kopi

Keuntungan menjadi anggota di toko kopi baik online maupun offline manfaatnya banyak. Salah satunya adalah biasanya lebih hemat karena diberi prioritas harga-harga diskon. Seperti di ottencoffee.co.id, yang daftar jadi member secara otomatis mendapatkan voucher belanja yang bisa dipakai di transaksi selanjutnya. Yang ulang tahun pun bisa dapat voucher belanja. Asyik kan?

Bertukar Alat Seduh 

Banyak orang yang saling tukar alat seduh dengan teman seperkopiannya karena alasan bosan menggunakan alat kopi itu atau sudah lama tidak dipakai lagi. Saya sendiri pernah membeli coffee dripper seorang teman karena dia mau beli versi yang baru. Lumayan harganya bisa jauh di bawah standar dengan kondisi barang yang sangat bagus!

Sering Pantau Market Place 

Nah kalau yang ini sudah jelas. Market place memiliki sejuta cara untuk menarik pelanggan. Salah satu barang yang sering didiskon adalah alat kopi. Tanggal-tanggal istimewa seperi 9.9 atau 12.12 biasanya ada diskon gila-gilaan. Jangan lupa selalu pantau alat kopi incaranmu di sana.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.