TIPS MELIPAT PAPER FILTER KHUSUS CHEMEX

Siapa yang tak ingin sajian kopi buatannya terasa nikmat sempurna, ya walaupun kesempurnaan dalam sajian jarang ditemukan, paling tidak sajian kopi yang kita buat mendekati sempurna. Untuk menyajikan kopi yang nikmat pasti butuh perhitungan tepat dan juga ketelitian, misalkan pada sajian espresso, perihal dose-distribute-tamp-extraction menjadi perhatian untuk sajian espresso yang nikmat.

PENGGUNAAN paper filter identik dengan sajian kopi penyeduhan manual dengan alat seperti V60, FrenchPress, AeroPress, Syphon dan juga Chemex, serta masih banyak lagi metode penyeduhan manual dengan/tanpa paper filter. Pada sajian kopi penyeduhan manual menggunakan paper filter perlu memperhatikan paper filter yang akan digunakan, ketebalan kertas filter, ukuran paper filter. Yang paling terpenting lagi, dalam penyeduhan kopi manual proses pre-wet-membasahi paper filter terlebih dahulu sebelum digunakan menjadi sebuah keharusan. Sebab pre-wet dapat membantu melepaskan aroma ataupun zat yang terkandung pada paper filter yang mungkin dapat mengganggu karakter rasa kopi ketika di seduh.

Jika dilihat sekilas, paper filter pada umum hanya terdiri dari dua warna, putih dan coklat natural. Warna yang berbeda ini ternyata memiliki perbedaan pada proses pembuatannya, sehingga akan berbeda pula sajian kopi yang menggunakan paper filter berwarna putih jika dibandingkan dengan paper filter berwarna coklat natural.

credit: Blue Bottle Coffee

Paper Filter Berwarna Putih
Kertas yang berwarna putih ini pada proses pembuatannya mengalami pemutihan warna, dengan metode umum untuk memutihkan kertas agar bersih menggunakan chlorine bleaching atau natural oxygen bleaching. Namun, di antara kedua metode bleaching lebih baik menggunakan paper filter dengan metode natural oxygen.
Paper Filter Coklat Natural
Sebenarnya pada bentuk asli, kertas berwarna coklat natural, maka paper filter dengan warna coklat natural pada prosesnya tidak mengalami pemutihan untuk mengejar estetika produk atau aspek hal lainnya.

Sekilas tentang warna kertas pada paper filter yang saya sadur, semoga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih paper filter untuk digunakan. Nah, yang menjadi penting ternyata tidak hanya proses pre-wet sebelum menyeduh saja, dalam melipat paper filter juga menjadi perhatian khusus. Berbeda metode sajian, paper filter yang digunakan juga berbeda, dan cara melipatnya juga tidak sama. Berikut tips, bagaimana melipat paper filter pada sajian metode seduh alat kopi chemex.

credit: chemexcoffeemaker.com

MELIPAT KERTAS CHEMEX PAPER FILTER
Kertas paper filter terdiri dari tiga bentuk, yang berbentuk Chemex Bonded Coffee Filter Square dan juga berbentuk Chemex Bonded Coffee Filter Circle, serta Half Moon. Apa pun jenisnya cara melipatnya tidak jauh beda, lipatlah paper filter menjadi dua dan selanjutnya lipat juga bagian setengahnya lagi hingga sisi atau sudutnya bertemu dan akan membentuk 4 lapisan lipatan. Letakkan jari di antara lapisan ke-3 dan ke-4, ketika jari dibuka, paper filter akan membentuk corong kerucut.
Lipatlah filter Chemex menjadi dua. Kemudian lipat setengahnya lagi, bawalah kedua sudut itu bersama-sama. Letakkan jari Anda di antara lapisan ke-3 dan ke-4 dan buka corong.

MENEMPATKAN PAPER FILTER KE CORONG CHEMEX
Untuk selanjutnya, menempatkan paper filter corong chemex perlu diperhatikan lapisan kertasnya. Lapisan paper filter yang terdiri dari 3 lapisan diletakkan bertemu pada sisi alur ventilasi pada corong chemex. Hal ini dilakukan agar memungkinkan udara yang bergerak ketika seduhan akan bergerak bebas dan seduhan juga menjadi bebas. Menempatkan filter yang sembarangan akan menyulitkan penyaringan dan menyumbat ventilasi udara ketika diseduh nantinya.

credit: chemexcoffeemaker.com

MEMASUKAN BUBUK KOPI KE ALAT KOPI CHEMEX
Masukan bubuk kopi pada paper filter, namun sebelumnya lakukan pre-wet pada paper filter. Jumlah bubuk kopi sesuai berapa rasio yang diinginkan, dan masih dalam batas seduh alat kopi chemex, karena beberapa alat kopi chemex tidak bisa menyeduh terlalu banyak sajian kopi.

WAKTUNYA MENYEDUH
Dan kemudian, saatnya ekstraksi kopi, dengan menuangkan biji kopi melalui kettle, pastikan seduhan optimal dengan teknik menyeduh yang diinginkan. Baiknya menggunakan kettle leher angsa, agar lebih memudahkan mengatur aliran air ketika dituang.

Ingin mencari paper filter untuk alat chemex kamu, cek di sini Chemex Bonded Coffee Filter. Berikut adalah cara melipat dan menempatkan paper filter khusus chemex, selanjutlah untuk selengkapnya cara menyeduh dengan alat kopi metode chemex kamu bisa melihatnya di ottencoffee.co.id beberapa kali sudah pernah dibahas.

src: chemexcoffeemaker.com air-n-water.com img: batdorfcoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.