TIPS MEMBERSIHKAN CLOTH FILTER

Salah satu syarat untuk menghasilkan kopi nikmat adalah menjaga kebersihan alat seduhnya. Karena alat kopi yang kotor akan mencemari hasil seduhan kopimu.

SALAH satu alat kopi yang paling sulit dibersihkan adalah  cloth filter atau lebih dikenal dengan penyaring kain yang kerap digunakan berkali-kali. Penyaring kopi dari kain ini bukanlah sebuah barang baru di industri kopi. Jauh sebelum ‘spesialti’ ada, beberapa kopi tradisional sudah menggunakannya.

Sekarang alat seduh ini dikenal dengan nama cloth filter atau ada juga menyebutnya nel drip. Untuk saya sendiri penyaring kain ini sangat ekonomis dan mendukung gerakan zero-wasting. Hanya saja orang-orang malas menggunakannya dikarenakan proses pembersihannya yang sulit.

Oleh karena itu, ada beberapa tips sederhana agar penyaring kainmu mampu dibersihkan dengan mudah dan bisa digunakan tahan lama.

– Setiap selesai menggunakannya, biasakan singkirkan langsung ampas kopimu agar tak meresap pada penyaring kain dan meninggalkan noda-noda.

– Setelah itu bilas dengan air mengalir hingga semua noda kopi hilang. Kemudian keringkan.

– Namun jika penyaring kainmu sudah terlanjur bernoda kekuningan. Kamu bisa mengambil air panas yang ditempatkan pada wadah. Lalu campurkan dua sendok makan baking soda dan rendam penyaringmu. Kurang lebih 1 jam.

– Setelahnya bilas dengan air mengalir dan keringkan. Bisa dipastikan tips ini adalah cara paling ampuh. Karena saya sudah melakukannya. Baking soda mampu menghilangkan noda dan residu yang tertinggal pada penyaring kain.

– Jika kamu tidak memiliki baking soda, kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon. Caranya peras jeruk nipis dan campurkan airnya dengan satu wadah air lalu rebus bersama penyaring kain.

– Tunggu hingga dingin. Bilas dengan air mengalir kemudian keringkan.

– PENTING! Hindari mencuci penyaring kain ini dengan deterjen karena aromanya akan tertinggal lama. Aroma pada penyaringmu akan mengganggu rasa dan hasil seduh kopi selanjutnya!

– Selamat mencoba dan semoga tips sederhana ini mampu membantummu menyeduh dengan alat seduh ini dengan lebih baik!

 

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.