TIPS MEMBERSIHKAN MESIN ESPRESSO MANUAL/SEMI AUTOMATIC

Pernahkah kamu mempertanyakan apa gunanya tahap pre-warming pada tiap metode seduh? Untuk memastikan equipment coffee tidak mempengaruhi karakter rasa kopi, sehingga harus dalam keadaan bersih, begitu pula dengan sajian espresso.

BARISTA bukan hanya soal seduh menyeduh kopi, atau tampil nyentrik dengan apron elegan mereka, dibalik itu semua barista juga mencintai kebersihan, apalagi perihal urusan menyajikan kopi. Ada satu yang terlewatkan, selain ritual menyeduh kopi, sebuah ritus yang tak kalah penting, yaitu cleaning coffee equipment. Selain memastikan kebersihan di sekitaran bar, barista juga teliti dalam hal membersihkan alat – alat kopi yang dipakai mereka. Dari mulai yang terkecil hingga alat kopi yang lumayan besar, tidak luput dari pandangan mereka. Ini semua demi sajian secangkir kopi, apakah sampai sebegitunya?

Jika kamu melihat barista membuatkan sajian kopi, pasti ada soalan yang mengganjal di hati, walau cangkir yang akan digunakan sudah bersih tapi tetap saja dibilas dengan air panas. Sangat jelas saat menyajikan kopi dengan seduhan menggunakan paper filter. Ada tahap pre-warming yang harus dilakukan, agar tidak ada senyawa-senyawa lain yang mengganggu karakter rasa si kopi. Itu juga alasan, mengapa barista menjaga kebersihan equipment mereka, agar tidak ada senyawa lain yang mengganggu karakter rasa dari sajian kopi.

Lalu bagaimana dengan metode seduh sajian espresso, apakah ada teknis khusus dalam membersihkan mesin kopi espresso? Sama halnya dengan equipment metode seduh kopi lainnya, mesin kopi espresso juga butuh pembersihan berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum membuat sajian espresso.

credit: prima coffee

Filter Basket dan Portafilter | Biasakan sebelum menggunakannya, filter basket dan portafilter dalam keadaan siaga, selalu bersih sebelum digunakan. Sesering apa membersihkannya, tergantung kebutuhan, namun pastikan tidak ada sisa espresso yang tertinggal melekat pada tension spring. Lepaskan basket dari portafilter, bersihkanlah setelah menyajikannya, untuk siaga pada sajian espresso selanjutnya.

Bilas dan Usap dengan Handuk | Intensitas pesanan tidak mungkin harus menunggu, barista dituntut bergerak cepat memenuhi permintaan. Bagaimana membersihkan portafilter setelah sajian sebelumnya, lepaskan basket dari portafilter bilas dengan cepat kemudian usap dengan handuk agar bilasan cepat mengering dan juga membantu membersihkannya dengan cepat. Portafilter siap digunakan lagi, walau intensitas pesanan terlalu cepat.

credit: fivesense

Shower Screen | Merupakan tempat air di-shot dan bertemu dengan ground coffee di filter basket. Beberapa barista membersihkan shower screen menggunakan kain lap/handuk kecil dan selanjutnya dengan grouphead brush untuk memastikan tidak ada sisa ground coffee yang tertinggal pada shot sebelumnya.

Grouphead Brush | Brush untuk membersihkannya juga pasti harus dalam keadaan bersih, tiap hari harus dibersihkan dan sesekali direndam dengan liquid/powder pembersih mesin espresso.

Chemical Cleaning dan Backflush | Dengan memasukan liquid/powder chemical cleaning ke blind portafilter biasanya digunakan untuk membersihkan showerscreen dengan cara di-shot, karena blind portafilter yang tertutup akan mengembalikan aliran air.

Untuk membersihkan di dalam shower screen lebih lanjut, tergantung intensitas sajian espresso. Tiap barista berbeda pendapat dalam hal ini, ada yang berkala semingu sekali ada juga yang membersihkannya ketika shower screen sudah digunakan untuk sajian 100 cup.

src: fivesenses.com.au img: fivesense

10,885 total views, 4 views today

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.