TIPS MEMBUAT COFFEE SMOOTHIES DI RUMAH

Untuk pecinta sajian kopi di mana pun berada, tentu membuat sajian kopi sendiri di rumah alangkah membahagiakan.

SATU lagi tren sajian kopi yang bukan rahasia lagi, malah semakin ramai penuhi daftar menu di beberapa kedai kopi. Tidak henti hanya sebagai pengunjung, penikmat kopi pasti sangat ingin membuat sajian kopi favorit mereka sendiri di rumah, namun sebelum itu dilakukan harus melengkapi peralatan seduh kopi terlebih dahulu. Seperti grinder, baik manual mau pun elektrik, grinder penting untuk menyajikan sajian kopi, demi menjaga kesegaran kopi ketika akan diseduh. Selanjutnya, peralatan kopi yang sesuai dengan metode sajian kopi yang diinginkan, misalkan metode pour over tentu harus melengkapi peralatan seperti dripper dan juga coffee server. Jika ingin sajian espresso di rumah, harus sedia espresso maker seperti Flair, atau Rokpresso. Tidak ada sajian kopi yang diseduh dengan kebetulan, semua dengan persiapan agar sajian kopi nikmat dan konsisten. Maka selanjutnya, sajian kopi apa pun bisa dibuat di rumah, seperti coffee smoothies.

Pernahkan membuat coffee smoothies di rumah, sebenarnya menyajikan smoothies tidaklah teralu sulit, pada dasarnya konsep sajian smoothies hanya mencampurkan banyak bahan yang diperlukan hingga hancur dan larut. Umumnya sajian smoothies berupa minuman dingin yang kental terbuat dari buah, dan sering juga dicampur dengan yogurt atau es krim, dicampur kesemuanya bersamaan hingga halus. Sajian smoothies tentulah menyehatkan untuk dikonsumsi, maka coffee smoothies sudah harus menyehatkan dan memiliki karakter rasa kopi yang jelas.

Hawaiian Almond Coffee Smoothie, lihat resepnya di sini.

Rasa kopi yang dominan
Tidak ada aturan khusus untuk membuat sajian smoothies di rumah, yang terpenting bahan-bahan tersebut menyehatkan. Walau pun dalam prosesnya, untuk membuat coffee smoothies memerlukan bahan lain, kualitas dan rasa kopi itu sendiri jangan sampai hilang. Jika coffee smoothies tidak begitu terasa kesan rasa dari kopi, maka kopi dalam proses smoothies hanya sebagai pelengkap saja. Maka menjadi hal penting untuk memperhatikan gramasi penggunaan kopi dalam proses coffee smoothies, malahan lebih baik menggunakan espresso untuk mencampur semua bahan menjadi kental dan lembut.

Bahan berprotein
Syarat selanjutnya untuk melengkapi sajian coffee smoothies adalah protein, selain protein sangat baik untuk tubuh, bahan ini akan membuat coffee smoothies menjadi lembut ketika hancurkan bersamaan. Penggunaan susu atau yogurt adalah khas sajian dari coffee smoothies, penggunaan susu akan memberikan kesan rasa krim pada sajian coffee smoothies, sedangkan yogurt adalah bahan yang sering digunakan untuk pengganti susu.

Coffee Smoothie with fresh cherry, lihat resepnya di sini.

Buah yang segar
Buah merupakan syarat penting untuk sajian smoothies, jika di beberapa kedai kopi menyajikan smoothies dengan pemanis, dengan menggunakan buah coffee smoothies juga mendapatkan kesan manis yang diinginkan.

Ice cube
Penggunaan es batu termasuk bahan penting untuk membuat coffee smoothies, ketika es batu dihancurkan bersamaan bahan lainnya menggunakan blender, semua paduan akan dilumat kental dan lembut. Untuk semakin mengimprovisasi rasa dari coffee smoothies, penggunaan es batu bisa di ganti dengan coffee ice cube– es batu yang dibuat dari mendinginkan kopi di lemari pendingin.

Yang paling terpenting membuat coffee smoothies ada pada kesan rasa kopi yang lebih dominan, maka baiknya menggunakan kopi yang kuat atau espresso. Selanjutnya, menggunakan bahan apa pun coffee smoothies akan lebih nikmat, selamat mencoba di rumah, lihat koleksi resep coffee smoothies kami di sini.

sumber
livestrong.com Coffee smoothies yang sehat untuk di pagi hari
img nourishednaturalhealth.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.