TIPS MEMILIH PENGGILING KOPI MANUAL

Dalam rangka menggalakkan diri sendiri agar ikut serta ngopi setingkat lebih seksi, maka sudah saatnya berinvestasi pada manual grinder. 

PENGGILING kopi manual adalah benda esensial yang wajib dimiliki oleh para home brewer. Bukan, bukan karena tak ingin memiliki penggiling kopi otomatis, tapi jika budget-nya terbatas, penggiling kopi manual juga tak kalah bagus.

Banyak para home brewer kerap kesulitan memilih penggiling kopi manual apa yang cocok untuk dirinya. Selain soal budget, manual grinder ini memang banyak sekali jenisnya. Lalu bagaimana cara menentukan penggiling manual yang paling cocok dengan para penyeduh rumahan pemula. Tips ini sangat berguna bagi kamu yang mungkin sedang dilanda galau memilih manual grinder mana yang cocok menemani ritual seduhmu.

Budget

Ya, sudah pasti. Manual grinder itu berkisar di harga 200 ribuan hingga di atas 5 jutaan. Sebagai penyeduh rumahan yang baru memulai menikmati ritual ngopi enak, sebaiknya memikirkan lagi berapa budget yang kamu berikan untuk ‘hobimu’ ini. Budget ketat 200 ribuan? Kamu bisa memilih Gater Ceramik Slim Grinder yang burr-nya sudah terbuat dari keramik dengan body terbuat dari plastik. Sudah bagus untuk harga yang murah!

Jika ada dana lebih, kamu bisa langsung berinvestasi dengan Rhinowares Tall Hand Grinder atau Porlex Mini Hand Grinder yang masing-masing dibandrol 700 ribuan. Tetapkan budget lalu bisa memutuskan apa yang cocok untukmu!

Mata Gilingan

Nah penggiling kopi itu memiliki dua jenis ‘mata’ gilingan. Ada yang disebut dengan blade atau mata pisau besi yang terdiri dari dua buah seperti blender. Dan ada juga berbentuk burr atau conical burr yang berbentuk dinding bergerigi. Biasanya burr ini terbuat dari keramik, porselain dan ada juga yang baja. Burr dinilai lebih baik dalam menggiling kopi karena bisa menghasilkan potongan-potongan kopi yang presisi. Juga tida merusak kopi seperti blade yang tidak mampu menggiling kopi secara sama ukurannya.

Jadi pilihlah penggiling manual yang ‘mata gilingannya’ berupa burr atau conical burr. 

credit: barcelona.info

Kapasitas Penggiling

Seperti alat seduh lainnya, manual grinder juga memiliki kapasitas menampung biji kopi yang berbeda-beda. Pilihlah kapasitas sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, Porlex Mini memiliki kapasitas 25 gram saja sekali giling. Apakah cukup dengan kebutuhanmu dalam sekali ngopi? Jika tidak mungkin kamu harus memilih Porlex Tall. Atau dengan rela hati harus menggiling berkali-kali.

Ukuran, Material dan Berat

Pada poin ini semua tergantung kebutuhan dan selera. Ada yang suka model penggiling kopi klasik yang estetis namun berat jika harus dibawa-bawa karena terbuat dari material besi. Ada yang suka model kecil dan simpel seperti Rhinoware dan Comandante karena agar mudah dibawa kemana-mana. Semua tergantung keinginanmu sendiri. Tapi harus kembali lagi apalah arti keinginan jika budget dan kebutuhan tidak seiring jalan.

Jadi sudah tahu mau manual grinder yang mana?

Foto utama dari thatdelicious.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.