TIPS MEMILIH SUPPLIER BIJI KOPI UNTUK KEBUTUHAN CAFE / KEDAI KOPIMU

Memilih supplier biji kopi adalah hal yang serius. Bagi pemilik kedai kopi, mengambil keputusan untuk kedai kopi mereka, sudah pasti harus terlebih dahulu dianalisa dan dipertimbangkan segala halnya. Dari mulai target pasar yang ingin dicapai, bagaimana interior dan eksterior kedai kopi mereka, biaya apa saja yang perlu dikeluarkan dan yang terpenting dari mana pemasok kopi untuk memenuhi kebutuhan kedai kopi kita.

SEDIKIT membingungkan memang perihal memilih pemasok kopi yang sesuai, sebab indikatornya tidak pasti, ini semua terpulang bagaimana pemiliki kedai kopi menanggapinya. Belum lagi yang menjadi permasalahan bagaimana mengaitkan kopinya apakah cocok dengan pelanggan, apakah seimbang dengan visi dan misi kedai kopi, dan juga apakah masih masuk dalam alokasi biaya belanja biji kopi.

Selain dari itu, untuk memilih pemasok kopi, kita juga setidaknya harus mengerti karakteristik biji kopi itu sendiri, profil rasa yang bagaimana yang diinginkan. Bukan menjadi hal yang salah jika menggunakan kopi blend untuk kedai kopi kita, bisa jadi kopi blend ini menjadi khas yang buat pelanggan akan kembali. Ataupun bermain di kopi speciality juga hal yang baik dengan menyandingkan berbagai macam metode seduh. Namun dalam memilih pemasok kopi, yang menjadi permasalahan, apakah pemasok yang diajak kerja sama dapat menjaga konsistensi dari hari ke hari. Termasuklah konsistensi kualitas biji kopi dan juga konsistensi jadwal pengiriman.

credit: coffee confidential

Mungkin, artikel yang kami sadur ini dapat menjadi referensi sebelum memilih pemasok kopi untuk kedai kopi kita.

Data Daftar Pemasok Kopi
Sebelum memilih satu di antara sekian banyak pemasok kopi, cobalah mencari referensi dari mana saja, apakah itu dari dunia maya atau kenalan sesama pemilik kedai kopi. Daftar ini meminimalisir kemungkinan jika pemasok satu kehabisan stok kopi, kamu bisa mencari pemasok yang lainnya. Setelah data kontak terkumpul, lalu mulai dari mana, mulailah dari pemasok kopi yang menarik menurut kamu.

Sampel Kopi
Setelah memilih pemasok kopi, untuk kamu pembeli yang serius, pemasok tidak enggan untuk mengirimkan kita sampel kopi yang dijualnya. Dan tiap pemasok berbeda cara melayani calon pembelinya, pastinya memiliki syarat dan ketentuan agar pemasok kopi mengirimkan sampel kopi yang dijual mereka. Setelah kamu terima sampel kopi, cobalah pelajari sampel kopi tersebut, jika profil rasanya membuatmu menarik, maka selanjutnya kamu dapat putuskan, membelinya atau tidak.

credit: freepik

Testimonial
Jika kamu berkenalan dengan pemasok yang kamu tidak pernah mengenalnya, bahkan tidak ada informasi tentangnya di jagat dunia maya, mintalah padanya kedai kopi mana yang pernah bekerja sama dengan pemasok kopi tersebut dan bagaimana testimonialnya.

Coba Kopi Lokal
Memilih biji kopi luar tidak boleh saja, namun alangkah baiknya cobalah biji lokal di mana kedai kopi kamu beroperasi. Setidaknya ada satu origin lokal yang mengisi meja bar kedai kopi kita, bisa jadi kopi lokal menjadi khas kedai kopi kamu, siapa tau.

Berkunjung
Jika ingin lebih pasti memilih pemasok kopi, mungkin kamu bisa saja mengunjungi tempat penyimpanan miliknya atau kebun kopi milik pemasok kopi. Tipe pemasok kopi mungkin ragam, ada yang hanya sebagai perantara ada juga yang terjun langsung menjadi petani kopi juga sebagai pemasok kopinya.

Pilihlah Yang Menarik dan Nyaman
Jika kamu tertarik dengan pemasok kopi namun prosedur pengiriman terlalu ribet menurutmu, lebih baik cari yang lain. Cobalah cari pemasok kopi yang sudah sering mengirimkan biji kopinya ke banyak daerah.

Ini hanya sekadar tips, beberapa pemilik kedai kopi juga punya cara tersendiri untuk menjalin kerja sama dengan pemasok kopi. Nah, bagaimana menurut kamu, pernahkah punya pengalaman menarik dengan pemasok kopi?

src: casaespresso.co.uk dreamalatte.com img: flickr

2,325 total views, 2 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.