TIPS MEMPERSIAPKAN LIBURAN UNTUK PECINTA KOPI

Sebagai penikmat kopi tentu menikmati kopi tiap harinya merupakan ibadah tersendiri, sebuah ritual ngopi tentang kebahagiaan dan untuk memenuhi kebutuhan kafein harian. Liburan adalah momen yang dinanti tiap orang, begitu juga penikmat kopi, tapi akan menjadi kekhawatiran ketika selama liburan mereka tidak menemukan sajian kopi harian mereka.

LIBURAN salah satu cara memaknai hidup dengan penuh suka cita, menghabiskan luang waktu yang tersedia memberikan semangat baru ketika liburan. Bukan tentang destinasi yang dituju, tapi bagaimana cara menikmati liburan dengan penuh bahagia. Beberapa orang memilih pergi ke pantai, memilih ke gunung, tidak sedikit juga memilih untuk pergi mengunjungi rumah kerabat yang jauh.

Kebiasaan seseorang menikmati kopi sudah seperti kewajiban yang harus ditunaikan ketika hasrat untuk ngopi datang. Dan liburan, tidak menjadi persoalan untuk mereka yang ingin ngopi, seberapa lama atau seberapa jauh liburan seseorang tetap bisa ngopi dengan penuh nikmat. Maka, perlu mempersiapkan liburan yang nyaman untuk diri kita.

credit: broadsheet.com.au

ALAT KOPI

Jika selama ini menyeduh kopi dengan mesin kopi di dapur rumah akan menjadi persoalan ketika liburan tiba, tidak mungkin mesin kopi dibawa pergi ke mana-mana agar dapat menikmati kopi selama liburan. Maka perlu mempersiapkan alat kopi yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Untuk memilih alat kopi apa yang sesuai selama liburan, kembali pada kebutuhan, sajian kopi seperti apa yang akan menemani liburan kita.

Espresso | Secara deskripsinya jelas, bahwa espresso penyajiannya dibuat dengan begitu singkat tanpa perlu waktu yang lama. Terlebih lagi dengan karakter rasa yang begitu menarik, banyak yang mencintai sajian espresso. Alat kopi espresso maker yang sesuai untuk dibawa liburan salah satunya, Kompresso, Staresso, Handpresso, Minipresso, Nanopresso, Nomad, dan Flair.
Manual Brew | Untuk menikmati proses seduh di mana pun kita berada bukan tidak mungkin. Manual brew sekalipun kita dapat membuatnya di mana pun kita berada, dengan persiapkan alat kopi manual brew. Liburan seru dengan seduh kopi manual brew, alat kopi satu ini bisa membantunya, Aeropress dan Prismo membuat liburan semakin seru, atau dengan Cafflano Clasic rasakan hikmat menyeduh kopi ketika liburan. Ingin yang lebih unik, dengan Munieq Tetra Drip alat kopi drip yang bisa dilipat, tinggal bawa paper filter saja sudah dapat menyeduhnya.
Drip Coffee | Ingin ngopi single origin ketika liburan, tapi tidak ingin ribet bawa perlengkapan alat kopi, jangan khawatir. Cukup menyediakan air panas seduhan, kamu sudah bisa menikmati kopi dengan Otten Drip Coffee dan banyak koleksi single originnya.

Setelah menentukan sajian kopi seperti apa yang akan menemani kita selama liburan, maka mulailah sesuai budget untuk membeli alat kopi agar akomodasi selama liburan tidak menjadi terganggu.

credit: thatdelicious.com

GRINDER

Ketika mengunjungi kedai kopi, jika membayangkan bentuk grinder yang ada pada meja bar, mungkin tidak akan masuk akal membawa grinder dengan ukuran besar selama liburan. Untuk menikmati kopi yang nikmat, grinder sangat diperlukan untuk mengubah biji kopi menjadi bubuk kopi yang siap untuk diseduh. Setelah memilih sajian kopi seperti apa yang akan menemani liburan panjang kita, kemudian mulailah memilih grinder yang sesuai untuk sajian kopi. Sajian kopi yang berbeda maka berbeda pula ukuran bubuk kopi, berikut grinder yang bisa jadi pilihan tepat untuk sajian kopi kita.

Beberapa hand grinder berpotensi untuk membuat banyak sajian kopi, apakah itu manual brew atau sajian espresso. Tapi tidak sedikit juga hand grinder yang hanya bisa menggiling biji kopi untuk sajian manual brew. Mungkin diantara banyaknya hand grinder, berikut ini sesuai dengan sajian kopi kita.

Rhinowares Compact Hand Grinder dengan Adaptor, hand grinder ini sangat sesuai dengan sajian kopi dengan aeropress, bukan berarti tidak bisa untuk sajian yang lain. Desain hand grinder rhinowares bisa dipasangkan ke aeropress, silinder aeropress menjadi wadah jatuhnya bubuk kopi dan siap untuk diseduh.
Tiamo Coffee Grinder Black, kapasitas 30gr kopi, dengan handle yang ringan, menggiling jadi menyenangkan, dan bahkan untuk gilingan kopi ukuran bubuk kopi espresso proses menggilingkan mudah. Bisa jadi grinder ini pilihan tepat untuk menemani liburan dengan menikmati kopi.
High End Hand Grinder untuk kamu yang mencari hand grinder eksklusif, bisa memilih Comandante, Zassenhaus dan Kinu Hand Grinder M47 dengan desain yang kecil mudah untuk dibawa.

 

BIJI KOPI

Persiapkan biji kopi yang tentunya segar, agar selama liburan dapat menikmati sajian kopi yang nikmat. Menyimpan kopi dalam bentuk biji sangat berguna untuk menjaga biji kopi tetap segar, sebabnya untuk menikmati kopi yang nikmat dianjurkan untuk menggiling biji kopi ketika ingin menyeduhnya. Banyak sekali single origin yang mungkin sesuai untuk selera ngopi kita selama liburan.

Biji Kopi Lokal | Sedia biji kopi, artinya tiap hari kita dapat menikmati kopi yang langsung digiling dan kemudian diseduh. Biji kopi seperti origin Sidikalang, Papua, Gayo, dan yang lainnya selalu ramai dicari penikmat kopi.
Biji Kopi Luar | Ingin mengganti suasana dengan menikmati origin dari luar Indonesia, tidak menjadi masalah banyak yang menyediakan biji kopi dari luar untuk memenuhi hasrat ngopi kita. Origin kopi dari luar yang sangat menarik untuk dicoba, Ethiopia, Peru, Honduras dan lainnya.
Biji Kopi Blend | Suka tantangan, mungkin kamu akan tertantang mencoba koleksi biji kopi house blend di berbagai roastery di Indonesia. Kamu harus coba koleksi house blend untuk menemani libuaran, seperti Otten Crema Espresso, atau Otten Premium Blend dan house blend lainnya.

Ingin seduh kopi yang mudah tanpa mempersiapkan alat kopi atau hand grinder, kita bisa menyediakan Otten Drip selama perjalanan liburan. Sangat mudah menyeduhnya, hanya tinggal sobek saja, dan menuangkan air panas, jadilah secangkir kopi nikmat.

Nah, untuk air seduhan sendiri kita harus selalu mengisi air panas menggunakan botol air yang dapat menjaga panasnya, selagi masih ditemukan tempat umum mungkin akan mudah menemukan air panas untuk air seduhan. Semoga liburan kita menjadi nikmat layaknya menikmati kopi yang diseduh hikmat.

src: disadur dari Fatih Arslan @Medium img: doc. otten

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.