TIPS MENCARI TAU PROFIL RASA KOPI SEBELUM MEMBELINYA

Untuk mereka yang sudah mengerti akan perihal kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan profil rasa yang ada pada kopi. Sehingga tidak perlu mengalami kesulitan, jika suatu saat ingin membeli kopi secara online ataupun mendatangi roastery yang ada di kota mereka. Namun untuk penikmat kopi seperti saya yang masih butuh belajar, pastinya harus banyak referensi sebelum menentukan membeli biji kopi secara online ataupun beli langsung ke roastery.

BANYAK sekali istilah kopi yang pasti belum diketahui oleh banyak penikmat kopi, misalkan seperti apa profil rasa yang terkandung pada biji kopi dengan pengolahan honey process, atau pengolahan lainnya. Bahkan walau sudah jelas tertulis, profil karakter kopi di kemasan biji kopinya tetap saja tidak mengerti. Ingin membeli kopi dengan karakter rasa yang ringan tapi yang dibeli biji kopi dengan full body. Maka dari itu, perlu mencari tau karakter biji kopi yang seperti apa yang kita inginkan.

Ketika membeli kopi dan menyimpannya untuk kebutuhan kopi di rumah selama sepekan, ada baiknya membeli kopi dalam bentuk biji. Mengapa, hal ini berkaitan dengan daya tahan kopi itu sendiri dan juga rasa nikmat yang konsisten dari hari ke hari. Menyimpan kopi dalam bentuk biji terkait dengan proses alami yang banyak dikenal dengan istilah degassing, pelapasan gas karbon dioksida dan dalam jumlah yang sedikit senyawa yang membentuk rasa juga ikut terlepas. Jika menyimpannya dalam bentuk bubuk, proses alami ini dengan cepat akan terlepas ke ruangan, sedangkan dalam bentuk biji proses alami ini tidak secepat bila menyimpannya dalam bentuk bubuk.

Solusinya, harus memiliki manual grinder sendiri di rumah, ketika ingin menyeduh kopi saat itulah menggilingnya menjadi bubuk kopi. Jika pun tidak memiliki manual grinder di rumah, mintalah roastery dimana tempat untuk membeli biji kopi untuk menggiling keseluruhan, tidak masalah menyimpannya dalam bentuk bubuk. Tapi agar menjaga rasa agar tidak terlalu jatuh jauh dan tetap nikmat, baiknya menyimpannya dalam wadah kedap udara. Tapi jangan terlalu berharap banyak bisa sama profil rasa kopi yang disimpan bentuk biji dengan kopi yang disimpan dalam bentuk bubuk.

Sekilas tentang bagaimana penyimpanan kopi yang baik untuk kebutuhan kopi di rumah, dan berikut ini izinkan saya membagikan tips yang saya sadur dari roastycoffee.com, bagaimana mencari tau profil rasa kopi seperti apa yang sesuai dengan keinginan kita. Sehingga tidak akan kebingungan ketika membeli biji kopi secara online.

credit: minimallyminimal.com

BERKENALAN DENGAN PROFIL RASA KOPI
Sebelum memutuskan kopi dengan karakter rasa yang seperti apa yang ingin kita beli, cobalah mencari tau sebenarnya karakter rasa dari si kopi itu sendiri seperti apa. Karena karakter rasa kopi sangat banyak, dan ini dipengaruhi oleh banyak hal, bisa saja dipengaruhi dari asal kopi, dari pengolahannya, dan juga bisa dipengaruhi dari bagaimana metode roastingnya. Untuk mudahnya mengetahui karakter rasa dari kopi, ada baiknya menggunakan Flavour Wheel, bagaimana menggunakannya pernah diulas di sini; sensory skill belajar mengenal karakter rasa kopi.

MENENTUKAN SEBERAPA KUAT KARAKTER KOPI YANG DIINGINKAN
Ketika sudah mengetahui bagaimana karakter rasa dari kopi, walaupun hanya sekilas setidaknya kita sudah punya gambaran, jika ada biji kopi yang tertulis fruity pada kemasannya, atau tertera tulisan lainnya seperti full body, semiwash, dan istilah lainnya. Dan saat kita sudah mengerti sekilas tentang istilah-istilah biji kopi tersebut, kita sudah bisa menentukan ingin kopi seperti apa. Mungkin kopi dengan rasa yang seimbang, atau kopi dengan rasa asam yang ramah.

EKSPERIMEN DENGAN SINGLE ORIGIN LAINNYA
Jika sudah terlalu sering membeli biji kopi dengan satu jenis, mungkin sesaat akan timbul keinginan untuk mencoba yang lainya. Cobalah membeli biji kopi dengan 2 biji kopi yang berbeda, setelah menyeduhnya kita pasti akan merasakan perbedaan di antara kedua biji kopi tersebut. Dengan sedikit eksperimen di antara kedua single origin yang berbeda, pasti kita akan menemukan karakter rasa yang seperti apa yang sebenarnya diinginkan. Terkadang sulit untuk mengutarakan karakter rasa kopi, namun ketika diminum barulah mengerti bagaimana kenikmatannya dalam satu tegukan.

 

DISKUSI DENGAN PENIKMAT KOPI LAINNYA
Menjadi penikmat kopi janganlah sendirian, jika sendirian tidaklah mengasyikan secangkir kopi hanya dengan asumsi pribadi. Diskusi dengan teman sesama pecinta kopi sangat seru, dan tentunya akan berbeda pengertian nikmat menurut penikmat kopi lainnya. Ada yang mengartikan nikmat jika kopi memiliki aftertaste yang cukup lama, ada juga yang mengartikan nikmat jika rasa kopi sulit untuk diutarakan karena begitu kompleks. Namun apa pun itu, cukuplah kopi menjadi diskusi jangan menjadi perdebatan walau berbeda pendapat.

Yang terpenting, sebelum membeli biji kopi cobalah pahami hal-hal yang tertera di kemasan biji kopi. tentang roast date, origin, profil rasa, dan lainnya. Jika membeli biji kopi secara online, carilah eCommerce dengan pelayanan chat respon yang cepat, sehingga bisa ditanyakan langsung informasi mengenai biji kopi yang ingin kita beli.

src: roastycoffee.com img: coffeebean.com.au

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.