TIPS MENGGUNAKAN AMPAS KOPI UNTUK NUTRISI TANAMAN

Telah sama kita ketahui bahwa minuman kopi ini banyak sekali manfaatnya, ini sebabnya minuman satu ini selain nikmat juga banyak penggemarnya, bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh ketika menjadi minuman, ketika menjadi ampas bubuk kopi pun juga masih menyimpan manfaat, salah satunya menjadi nutrisi untuk tanaman.

INI mengapa di beberapa negara para pecinta kopi mengadakan kampanye untuk dirinya sendiri, bahwa tidak akan ada kopi yang disia-siakan. Seperti haram meninggalkan cangkir masih berisi kopi di atas meja, pecinta kopi pastinya mengambil manfaat yang optimal dari kopi. Jangan heran, jika bubuk kopinya juga dimanfaatkan maksimal, beberapa menggunakannya untuk perawatan kulit wajah, aroma terapi di ruang rumah mereka dan banyak lagi. Bagaimana pun tiap orang berbeda memaknai kopi bagi dirinya, kopi tetaplah kopi tidak ada yang salah padanya, yang ada kopi sememangnya penuh dengan sisi magis yang kadang sulit untuk dibayangkan. Misalkan, bagaimana ampas bubuk kopi bisa menjadi nutrisi bagi tanaman?

credit: ThriftyFun.com

MANFAAT AMPAS KOPI
Siapa yang menyangka jika bubuk kopi menambah nutrisi untuk tanah, yang mana tanah ini akan membantu pertumbuhan tanaman kebun atau tanaman hias di rumah. Tingginya kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah. Sebabnya ampas bubuk kopi ini sangat membantu dijadikan pupuk tanaman yang dicampur dengan tanah yang baik. Menurut Linda Chalker Scott, Ph.D mengemukakan bahwa, menurutnya ampas bubuk kopi dapat mencegah pertumbuhan jamur yang merugikan tanaman jamur baik yang berkembang dari ampas bubuk kopi dapat menekan pertumbuhan jamur jahat yang merugikan pertumbuhan tanaman.

Bagi yang sangat hobi berkebun di rumah, tentunya tertarik dengan ampas bubuk kopi ini, namun bingung mendapatkan ampas bubuk kopi sementara kamu gak minum kopi. Mulai sekarang jadilah peminum kopi, atau alternatif keduanya datang saja ke kedai kopi lokal, dan mintalah ampas bubuk kopi pada head barista, jika beruntung kamu akan mendapatkannya dengan percuma.

credit: thespruce.com

TIPS AMPAS BUBUK KOPI SEBAGAI PUPUK
Sedikit tips bagaimana mengaplikasikan ampas bubuk kopi untuk tanaman kamu, agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.

TIDAK PERLU MENCUCI AMPAS BUBUK KOPI
Untuk menggunakan ampas bubuk kopi sebagai nutrisi tanaman, tidak perlu membilas ampas kopi baiknya langsung mengaplikasikannya pada tanah tanaman. Jika dicuci, kandungan baik untuk nutrisi tanaman akan ikut hilang ketika dibilas air.

MENABUR AMPAS BUBUK KOPI
Umumnya, penggunaan pupuk untuk tanaman dengan menimbunnya di tanah dalam penerapannya, berbeda jika menggunakan ampas bubuk kopi sebagai pupuk. Ampas bubuk kopi ditabur di permukaan tanah, sudah ditabur secara menyeluruh langkah berikutnya menaburkan kembali tanah untuk menutup permukaan ampas bubuk kopi. Tidak perlu terlalu tebal, sekitar setengah inci, dan biarkan mikroba pada tanah dan ampas bubuk kopi bekerja.

PERBEDAAN LAPISAN AMPAS BUBUK KOPI
Pada penggunaannya, kebutuhan ampas kopi tergantung seberapa besar tanaman, namun penerapannya hampir sama yaitu di dalam tanah namun tidak perlu terlalu dalam menimbunnya. Perhatikan perbandingan tanah yang digunakan, jika di dalam pot dengan tanaman yang agak besar, permukaan lapisan ampas bubuk kopi sekitar setengah inci. Berbeda jika tanaman kecil, kadar lapisan tanah juga kecil, sekitar seperempat inci.

Semoga membantu untuk pengaplikasian ampas bubuk kopi ke dalam tanah tanaman. Bukan berarti harus secara keseluruhan menerapak tips ini, bisa saja bereksperiman sesuai kebutuhan tanaman, apakah itu mengaduknya secara merata antara tanah dan ampas bubuk kopi, atau menerapkan secara lapisan. Selamat berkebun.

img, src: growgreenworld.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.