TIPS MENGIRIM GREEN BEANS MELALUI EKSPEDISI

Some people can’t imagine a day without coffee. Apa jadinya bila kopi tidak bisa dikirimkan ke banyak tempat untuk memenuhi hari – hari mereka.

Bagi mereka yang sudah menahbiskan diri untuk menikmati kopi, sehari saja tidak meminum secangkir kopi pasti seperti ada yang hilang dalam diri mereka. Terdengar klise, tapi ada yang demikian, apalagi kini kopi adalah sebuah gaya hidup bukan sekadar komoditi yang diperjual-belikan. Biji kopi pun ditangani secara serius untuk memenuhi kebutuhan mereka para penikmat kopi. Tapi, tanpa pelaku penting di dunia kopi, tidak mungkin biji kopi Wamena mengisi kedai – kedai kopi di Eropa, tanpa mereka tidak mungkin biji kopi Kintamani ada di hampir tiap kedai kopi.

Apa yang menyebabkan single origin terbilang cukup mahal, untuk sebagian daerah penghasil biji kopi, akses pengiriman menjadi kendala, dan itu yang membuat biji kopi harganya menjadi lumayan tidak terkendali. Sebuah daerah pegunungan yang sulit akses pengiriman akan memakan waktu saat mengirim biji kopi ke berbagai daerah. Dalam hal ini bukan berbicara pengiriman melalui ekspedisi kecil, tapi ekspedisi kargo yang melayani pengiriman skala lebih besar.

elephantcoffeecom
credit: elephant coffee

Bahkan, untuk beberapa produsen atau eksportir, masih ada yang mengalami kebingungan untuk menentukan jasa ekspedisi yang sesuai untuk mengirimkan single origin mereka ke banyak tempat. Sederhananya untuk menentukan jasa pengiriman yang sesuai, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan mungkin membantu dalam mengirimkan single origin;

Packaging/ Sebelum melakukan pengiriman, pastikan packaging biji kopi sudah sempurna, tidak ada biji kopi yang akan terkeluar dari karung mereka. Karena nantinya karung – karung yang berisi banyak biji kopi itu akan ditumpuk dan diikat pada pallet pengiriman. Karena kesalahan umum pada pengiriman biasanya, packaging yang tidak sempurna sehingga biji kopi terkeluar saat pengiriman.

Insurance/ Pastikan pengiriman biji kopi kamu mendapatkan asuransi dari ekspedisi terkait, dan biasanya jasa asuransi merupakan rekanan dari ekspedisi tersebut. Sehingga tidak perlu kesulitan lagi mencari jasa asuransi lainnya. Pelajari asuransi yang ditawarkan, kesalahan apa yang akan ditebus oleh asuransi jika terjadi kesalahan dalam pengiriman.

Weight and Dimensions/ Mengetahui berat dan dimensi karung biji kopi kita, memudahkan untuk mengkalkulasikan cost untuk membayar jasa pengiriman. Banyak jasa ekspedisi kargo yang menerapkan kelipatan semakin banyak berat pengiriman, cost akan semakin murah. Perbedaan berat dan dimensi, kelas pengiriman juga berbeda, dan berbeda cost pengiriman. Pelajari perbedaan kelas pengiriman yang ada pada ekspedisi.

Shipment Method/ Ketahui pengiriman seperti apa yang diterapkan oleh calon ekspedisi rekanan, karena beda ekspedisi berbeda metode pengiriman mereka. Belum lagi, ada beberapa ekspedisi yang tidak memperbolehkan kiriman barang yang mengeluarkan bau menyengat, ada juga yang memperbolehkan kiriman barang yang mengeluarkan bau namun ekspedisi akan menetralkan bau tersebut.

Tidak ada yang menginginkan kesalahan dalam pengiriman, namun bagaimana caranya agar meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengiriman biji kopi.

src: freightpros.com img: huffington post

59 total views, 12 views today

1 Comment
  1. mohon ijin nambahin satu lagi persyaratan utk mengirim greenbean yaitu komoditi wajib lapor Karantina Pertanian..jadi biar ngga ada kendala dijalan atau tempat tujuan sebaiknya mengikuti prosedur ini..semoga bermanfaat..salam ngopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.