TIPS MENJADI SEORANG BARISTA DARI DASAR

Ingin memulai karir menjadi seorang barista tidaklah mudah, pekerjaan seorang barista bukan hanya mengurusi apa yang ada di belakang meja bar. Namun lebih dari itu, memastikan semua pengunjung menikmati secangkir kopi yang mereka sajikan dengan sepenuh hati.

SEKILAS melihat karismatik seorang barista membuat kopi, kita beranggapan menjadi seorang barista ternyata sangat mudah, hanya menuangkan air panas ke bubuk kopi, dan jadilah secangkir kopi nikmat. Sayangnya tidak hanya itu saja, disamping membuat secangkir kopi yang nikmat barista harus menguasai banyak hal tentang kopi. Karena menjadi seorang barista adalah penyampai pesan petani kopi, biji kopi yang nikmat belum tentu menjadi sajian kopi yang nikmat jika dibuat dengan salah perhitungan. Setidaknya, berikut ini merupakan garis besar jika ingin mengerti lingkup kerja seorang barista.

MEMAHAMI KARAKTER BIJI KOPI
Banyak orang jatuh cinta pada kopi dan menjadi barista dari berbagai versi, ada yang kagum dengan reka latte art, ada yang karena sangat menikmati cita rasa kopi, dan banyak lagi. Bagaimana pun awal kecintaan seorang barista akan kopi, pasti akan mengantarkan mereka untuk mencari tau keistimewaan biji kopi. Bagaimana biji kopi yang baik untuk sajian kopi tertentu, perbedaan karakter tingkat roasting biji kopi, dan bagaimana cara penyimpanan biji kopi agar tetap segar ketika diseduh, serta banyak lagi.

MENGERTI ALAT ALAT KOPI
Menjadi seorang barista pasti punya favoritnya masing-masing dalam hal metode sajian, ada yang mencintai sajian aeropress, ada juga yang menyukai sajian tertentu. Tapi bukan berarti mereka tidak mengerti sajian menggunakan alat kopi lainnya, barista bisa dibilang harus mengerti menyajikan kopi menggunakan banyak metode sajian. Perhitungan rasio menggunakan alat kopi yang berbeda, bagaimana membersihkan serta merawat alat kopi setelah menyeduh kopi, dan alat kopi seperti apa yang mampu mengoptimalkan biji kopi tertentu.

credit: uberflip

MENYEDUH KOPI DENGAN SEPENUH HATI
Jika kamu yang ingin memulai menjadi barista dan beranggapan pekerjaan barista sangat mudah, hanya menuangkan air seduhan dan jadilah secangkir kopi, ini salah besar. Untuk menyeduh kopi pun banyak pertimbangannya, wawasan seorang barista harus luas berkaitan dengan biji kopi dan alat seduh kopi. Mempertimbangkan rasio air berbanding bubuk kopi, seberapa suhu panas air seduhan yang potensial dan bagaimana teknik menyeduh kopi dengan alat kopi tertentu.

MENYAJIKAN SECANGKIR KOPI DENGAN NIKMAT
Untuk menyajikan kopi dengan nikmat perlu perhitungan yang teliti, dari mulai memahami biji kopi, mengerti alat kopi yang digunakan, dan bagaimana teknik menyeduh kopi yang optimal. Maka selanjutnya, menentukan resep kopi agar sajian kopi tetap konsisten ketika diseduh dan disajikan kepada pelanggan.

Berikut sekilas langkah awal untuk menjadi seorang barista, maka selanjutnya yang diperlukan untuk benar-benar menjadi seorang barista adalah mengenal diri sendiri dan mengenal ruang kedai kopi di mana barista bekerja. Beberapa barista terkadang terbentur dengan ideologi pribadi dan ideologi kedai kopi di mana mereka bekerja. Dan biasanya ideologi kedai kopi terbentuk dari pelanggan yang datang silih berganti, apakah yang datang hanya menikmati design latte art atau menikmati cita rasa dari latte art, ini merupakan hal yang berbeda.

credit: ketuktilu

BARISTA SEPERTI APA YANG DICARI KEDAI KOPI

  • Ketelitian Dan Eksekusi Ketika Bekerja
    Untuk pertama, barista akan berhadapan dengan manager kedai kopi, dan di sinilah barista diuji sebelum bekerja. Bagaimana seorang barista membuat sajian kopi mereka, bagaimana teknik menuangkan susu untuk sajian latte, bagaimana teknik membuat seduhan manual brew dan lainnya.
  • Ramah Dan Sopan Dalam Pelayanan
    Tergantung bagaimana konsep kedai kopinya, tapi secara umum barista akan berurusan langsung dengan pelanggan, maka perlu barista dengan pribadi yang ramah dan sopan. Tidak hanya mengerti menyajikan kopi yang nikmat, tapi memiliki pribadi yang santun untuk menanggapi pertanyaan ataupun saran dari pelanggan.
  • Fleksibel Dan Dapat Diandalkan
    Tantangan bekerja menjadi seorang barista adalah kerja di hari libur. Karena penelola kedai kopi pasti akan tertarik dengan barista yang bersedia bekerja di hari libur, sebab biasanya hari libur akan kedatangan ramai pengunjung.
  • Mampu Bekerja Sama
    Keahlian seorang barista memanglah yang utama, namun bekerja sama denga tim staf akan menjadi nilai tambah. Keterampilan berkomunikasi dengan sesama staf sangat penting, bahkan komunikasi ini akan menjadi hal yang serius ketika berkomunikasi dengan pelanggan. Bagaimana menanggapi keluhan pelanggan, dan seperti apa menanggapi pertanyaan-pertanyaan aneh tentang kopi dari pelanggan.
credit: the times

MENJADI BARISTA LATIHAN MERUPAKAN RUTINITAS

  • Belajar Tentang Kopi Dari Seed to Cup
    Barista bisa dibilang ujung tombak dari keberhasilan petani kopi, jika petani kopi berhasil memberikan biji kopi yang terbaik mereka, kini tugas barista yang mengemasnya dalam sajian kopi yang nikmat. Namun, untuk membuat sajian kopi yang nikmat butuh banyak pertimbangan, maka perlu menguasai wawasan tentang kopi dari mulai benih hingga menjadi secangkir kopi. Bagaimana istilah-istilah kopi yang berkembang, dan apa saja tren kopi agar menjadi referensi.
  • Menonton Video Tutorial
    Di era sekarang ini, sangat memudahkan orang untuk belajar banyak hal, salah satunya belajar bagaimana menjadi seorang barista. Dari mulai menyeduh kopi yang benar, hingga bagaimana merawat alat-alat kopi setelah digunakan. Carilah video-video tutorial yang berkaitan dengan kopi, kamu bisa melihat koleksi video Otten Coffee di youtube, lihat di sini
  • Melatih Dan Mengulang Latihan
    Untuk menyajikan seduhan kopi yang nikmat, bukan karena perihal keberuntungan, namun didukung seberapa rutin kita melatihnya. Seorang barista juga harus melengkapi peralatan kopi di rumah mereka, agar dapat mengulang latihan di dapur rumah, dan ketika di kedai kopi tidak perlu ada latihan-latihan berat yang menyita banyak waktu.
credit: freepik

MEMULAI KARIR MENJADI SEORANG BARISTA

  • Mengikuti Kelas Barista
    Mungkin ini terbilang tidak gratis, namun merupakan cara singkat untuk memulai profesi sebagai seorang barista. Cobalah cari informasi kelas-kelas barista yang ada di kota kamu. Tidak ada salahnya melakukan investasi untuk belajar menjadi seorang barista.
  • Belajar Dari Teman Barista
    Jika ingin belajar dari teman yang seorang barista, mulailah dari sekarang menjalin pertemanan dengan seorang barista. Mungkin dengan mentraktirnya kopi di waktu luangnya, kamu akan mendapatkan pengalaman baru tentang menjadi seorang barista.
  • Aktif di Komunitas Barista
    Untuk tergabung di dalam lingkup komunitas barista pasti tidaklah mudah, namun jika sudah tergabung di dalamnya, ini merupakan langkah emas untuk melangkah menjadi seorang barista yang profesional. Karena biasanya, pada jejaring profesi barista ini akan banyak informasi lowongan pekerjaan seorang barista, informasi kompetisi barista yang diadakan, dan banyak lagi informasi lainnya.

Semoga tips singkat langkah demi langkah menjadi seorang barista dari dasar ini dapat menjadi referensi untuk mengambil keputusan untuk memulai menjadi seorang barista.
src: intelligentpos.com localwise.com img: sprudge.com

1 Comment
  1. sekolah barista ada di mana ya ? dulu pernah ikut esperto training mas fanky angkawijaya di senayan, tapi itu kan pengenalan aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.