TIPS MENYIMPAN BUBUK KOPI SPECIALITY DI RUMAH

Alasan mengapa seseorang membeli kopi speciality dalam bentuk bubuk, sudah pasti karena peralatan seperti manual grinder belum dimiliki di rumah, namun bukan berarti kita tidak bisa meneguk nikmatnya kopi segar dalam bentuk bubuk.

TENTUNYA semua penikmat kopi akan menyimpan kopi mereka dalam bentuk biji karena sudah pasti kopi dalam bentuk biji yang disimpan dapat terjaga kesegarannya tahan lama. Padahal jika tidak disimpan dengan benar, kopi dalam bentuk biji pun bisa berkurang kharismanya ketika diseduh, karena biji kopi tersebut ternyata sudah tidak segar lagi. Kopi dalam bentuk biji atau pun bubuk, keduanya memiliki potensi menjadi tidak segar lagi ketika diseduh, jika cara penyimpanannya yang tidak benar.

Dalam banyak literatur, kopi lebih baik disimpan dalam bentuk biji, memang benar karena kopi dalam bentuk biji berbeda karakteristiknya dengan kopi dalam bentuk bubuk. Sebenarnya hal utama yang membuat kopi tidak segar lagi ketika kopi terpapar udara dalam waktu yang berkepanjangan. Kopi dalam bentuk biji pun jika terpapar udara dalam waktu yanga lama akan mengalami penurunan, dari sisi rasa dan juga senyawa lainnya yang tidak terlihat oleh sekilas. Biji kopi dan bubuk kopi tentunya berbeda, biji kopi bisa bertahan lebih lama dibandingkan bubuk kopi, jadi untuk menyimpan kopi dalam bentuk bubuk yang perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanannya.

Kelembapan
Tempat yang lembab akan mengganggu kesegaran dari bubuk kopi yang kita simpan, maka lebih baik hindari tempat-tempat yang lembap seperti lemari es. Malahan sebaiknya menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering.

Memilih Wadah Penyimpanan
Bubuk kopi yang terpapar kedap udara akan mengurai kesegaran dari kopi, maka pilihlah wadah penyimpanan yang kedap udara, dan pastikan tidak ada bau dari wadah tersebut yang bisa mengganggu bubuk kopi. Bahan seperti keramik dapat menjaga bubuk kopi dari cahaya yang berlebih, tapi menggunakan wadah kaca juga baik selama tempat menyimpannya diperhatikan.

Tempat Meletakkan Wadah Penyimpanan
Menyimpan wadah bubuk kopi harus menghindari panas dan cahaya yang memungkinkan mengganggu kesegaran dari bubuk kopi. Untuk wadah kaca, hindarkan meletakkannya di dekat kompor atau yang berpotensi terkena cahaya berlebih, maka akan lebih baik menyimpannya di dalam rak yang tidak terkena cahaya.

Jangan Beli Terlalu Banyak
Jika ingin menyimpan kopi dalam bentuk bubuk, lebih baik membeli kopi dalam jumlah sedikit untuk kebutuhan 1-2 minggu. Membeli kopi untuk persediaan berbulan-bulan dan menyimpannya dalam bentuk bubuk, percayalah rasa akan sangat berbeda dibandingkan dengan hari-hari awal menikmati kopi itu. Hal ini disebabkan karena senyawa rasa dari bubuk kopi sudah mengalami penurunan sejak hari pertama digiling dan disimpan.

Lebih Baik Membelinya Di Tempat Terdekat
Memastikan bubuk kopi tetap segar, ada baiknya membeli kopi di roaster lokal sehingga bisa langsung mengetahui bahwa biji kopi baru digiling. Jika pun ingin membeli secara online, pelajari terlebih dahulu bagaimana biji kopi itu diroasting dan akhirnya digiling untuk dijual.

Paling terpenting untuk menjaga kesegaran kopi, jangan sampai kopi terpapar langsung dengan udara, dan wadah penyimpanannya harus kedap udara. Tapi untuk memastikan kesegaran persediaan kopi di rumah, menyimpan kopi dalam bentuk biji lebih tahan lama dibandingkan menyimpannya dalam bentuk bubuk.

src: familyhandyman.com thekitchenprofessor.com img: whittard.co.uk

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.