TIPS MERAWAT & MEMBERSIHKAN VIETNAM DRIP

Percaya atau tidak, Vietnam Drip adalah salah satu alat seduh manual paling banyak diminati. Hal tersebut terjadi karena harganya yang murah dan cara pakainya yang tidak ribet.

TAK cukup sampai di situ, Vietnam Drip juga dinilai sangat tahan banting dan mampu bertahan bertahun-tahun. Masalah yang paling umum terjadi saat menggunakan Vietnam Drip ini adalah masalah residu dan ampas kopi yang tersangkut di lubang-lubang saringannya. Vietnam Drip yang dipakai setiap hari dalam kurun waktu yang lama biasanya harus dibersihkan secara maksimal terutama di bagian filternya. Karena jika kamu perhatikan, umumnya sisa ampas seduhan tidak menyeluruh hilang meskipun sudah dibersihkan dengan air. Coba cek saringan Vietnam Drip-mu kalau tidak percaya? 😀

Otted doc.

Ampas yang tertinggal di saringannya bisa menjadi masalah. Pertama, akan menjelma rumah bagi bakteri yang sudah pasti akan mengganggu kesehatan kita. Kedua, akan menganggu rasa akhir dari seduhan karena dia mencemari hasil seduhmu. Ketiga, tentu akan mengubah warna filter itu sendiri dan mengurangi estetika dari Vietnam Dripmu.

Meskipun harganya tidak mahal, tak ada salahnya untuk merawat Vietnam Drip agar senantiasa awet dan tetap bisa dipakai terus menerus. Untuk pencinta Vietnam Drip Coffee, berikut cara sederhana merawat alat seduh favoritmu ini!

Credit : lelong.com.my
  • Selalu buang ampas kopi sesaat setelah seduh. Jangan biarkan ampas kopi itu tersimpan lama di dalam Vietnam Drip.
  • Kemudian bilas Vietnam Drip dengan air mengalir kemudian keringkan.
  • Tidak disarankan mencuci dengan deterjen karena aroma deterjen bisa tertingga dan memengaruhi hasil seduh selanjutnya.
  • Jika kamu menggunakan Vietnam Drip hampir setiap hari, usahakan sebulan sekali untuk membersihkannya dengan baking soda. 
  • Caranya cukup siapkan air pada panci, 1-2 sendok makan baking soda dan rebus bersama Vietnam Drip-mu sampai mendidih.
  • Metode ini akan mengeluarkan ampas dan residu kopi di dalam filternya.
  • Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Jika Vietnam Drip kamu adalah Vietnam Drip yang menggunakan filter yang direkatkan dengan pemutar, disarankan untuk memisahkan filter dan wadahnya pada saat penyimpanan.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.