TIPS NGOPI DI RUMAH ALA KEDAI KOPI

Ngopi di rumah memang lebih hemat. Tapi terkadang kenikmatannya masih kurang dibandingkan ngopi di kedai kopi.

SAYA sendiri adalah tipikal manusia yang sebenarnya malam ke kedai kopi karena harus berberes diri. Tapi untuk ngopi di rumah saya juga terkadang enggan karena perlengkapan alat kopi di rumah tak lengkap dan suasana di rumah tak sekeren di coffee shop. Tapi baru-baru ini saya sudah mulai membiasakan diri agar lebih sering ngopi di rumah dan membuat ritual ngopi saya sama asiknya seperti di kedai kopi. Lumayan hemat karena budget ngopi di kedai kopi terpangkas dan segalanya bisa lebih ekonomis. Untuk kamu yang juga pengin ngopi di rumah ala kedai kopi, sebaiknya intip tips sederhana di bawah ini.

Credit : medium.com
Credit : medium.com

Bangun Coffee Bar Sendiri

Tak perlu coffee bar fancy yang indah dengan desain secemerlang kedai kopi juga. Tapi setidaknya bangunlah sebuah coffee bar kecil sederhana di ruang makan atau dapurmu. Di sana kamu bisa menjejerkan aneka alat seduh kopi yang sudah kamu punya. Jadi saat ritual seduh tiba segalanya sudah tersedia di sana dan kamu tidak repot-repot memindahkan alat kopimu. Sederhana memang. Tapi percayalah, coffee bar ini sedikit banyak akan memotivasi kamu untuk tak malas seduh kopi sendiri.

Koleksi Cangkir-Cangkir Kopi Cantik

Salah satu faktor yang membuat saya lebih doyan ngopi di kedai kopi adalah cangkir-cangkir cantik yang mereka miliki. Dulu saya tidak memiliki cangkir kopi yang layak untuk dipakai sehari-hari. Rasanya agak janggal jika ngopi dengan cangkir yang tak layak. Oleh karena itu, sekarang saya sudah mengoleksi cangkir-cangkir kopi mulai dari cangkir espresso hingga cappuccino. Juga cangkir istimewa untuk filter coffee dan cold brew. 

Lengkapi Alat Seduh

Sudah punya alat seduh manual tapi belum komplit? Inilah salah satu faktor yang membuat malas ngopi di rumah. Misalnya kamu sudah punya seperangkat manual brew Hario V60 tapi kamu belum punya coffee scale atau gooseneck kettle-nya, tentulah hal ini harus dilengkapi dulu. Mana enak menyeduh di rumah tapi alat-alat seduhnya tidak lengkap.

drinking-hot-chocolate-534334776-57ba68c65f9b58cdfd4b4808

Buat Aneka Sirup Sendiri

Suka dengan menu kopi dingin ala frappuccino Starbucks? Tenang, hal tersebut bisa ditanggulangi dengan membuat aneka sirup sendiri. Simple syrup, caramel syrup dan lain sebagainya bisa kamu buat sendiri dan resepnya tersebar di berbagai situs resep minuman. Atau kalau malas membuat sendiri kamu bisa membeli macam-macam sirup tersebut dengan brand seperti Torani dan Davinci. Jika sudah ada sirup-sirup ini, kamu pun dengan asik bisa meracik kopi manis nan enak tanpa perlu ke kedai kopi dan menghabiskan banyak uang untuk secangkir kopi.

Koleksi Aneka Biji Kopi

Layaknya kedai kopi specialti, buatlah rumahmu penuh dengan aneka single origin koleksimu. Dengan begini setiap hari ngopi takkan kenal bosan karena kamu memiliki macam-macam kopi layaknya kedai kopi dan bisa dinikmati secara bergantian.

Be Creative!

Suka dengan salah satu menu kopi di kedai kopi favoritmu, kenapa tidak tiru untuk membuatnya sendiri di rumah? Jadilah barista rumahan nan kreatif dan maksimalkan potensi seduhmu sendiri setiap hari.

Foto utama dari newsthump.com

PAKET CAFE

401 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.