TIPS NGOPI ESPRESSO KAPAN PUN DI MANA PUN

Memanjakan mata dengan bepergian ke destinasi liburan istimewa sepertinya menjadi impian semua orang. Apakah itu menikmati riuhnya debur ombak pantai, ataupun menikmati hikmatnya semilir angir pegunungan, tiap orang punya mimpi yang harus direalisasikannya. Tapi, kurang lengkap jika ingin bersahabat dengan alam tanpa meneguk secangkir penuh nikmat; yaitu espresso.

Bahagia itu sempat tertahan, rasa-rasanya ada yang kurang untuk melengkapi backpack, semuanya sudah dipersiapkan, selembar tiket pesawat, sejumlah akomodasi, kamera pastinya untuk abadikan momen, tapi ada saja yang tak lengkap. Ternyata eh ternyata, secara sadar kita melupakan persiapan ngopi ketika di destinasi tujuan. Sempat bingung, karena terlalu sering ngopi di kedai kopi, memesan single espresso dengan serangkaian deadline kerja, dan kini cuti liburan telah tiba bagaimana memanjakan hasrat kita untuk ngopi. Belum tentu destinasi tujuan, menyimpan ragam pesona kedai kopi dengan khasnya masing-masing, bisa jadi tidak ada kedai kopi di sana.

credit: dailycoffeenews.com

Jika terlalu nyaman, datang, pesan, dan teguk nikmatnya ngopi espresso, di sudut ruang kedai kopi favorit. Kini kita harus mempersiapkan kopi sendiri selama cuti liburan, mungkin di benakmu untuk ngopi espresso yang nikmat, harus hasil sajian mesin espresso, dan sudah pasti tidak mungkin mesin espresso dibawa ke mana-mana saat bepergian. Tapi, kamu harus bertenang dulu, cari opsional yang membantu kamu untuk menikmati espresso kapan pun di mana pun saat bepergian. Lalu, hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kebutuhan espresso ketika di perjalanan.

  1. Termos Tahan Panas
    Paling menyusahkan adalah mencari kebutuhan air seduhan, sebabnya kita harus mempersiapkan termos tahan panas, agar mencegah hal yang tidak diinginkan. Bagaimana ketika rasa ingin minum kopi kita muncul, semua alat dipersiapkan sudah sedia, tapi air panas tidak ada, ini rasanya nyesek bukan main. Di tengah gunung, tidak ada rumah warga untuk dimintai sedikit air panas mereka, alhasil menggunakan kompor kecil, atau masak air terlebih dahulu, dan itu sudah memakan waktu. Sebabnya baik menyediakan termos tahan panas, dan selalu peka mengisinya ketika sedang berada di bandara, hotel, atau pemukiman warga.
  2. Penggiling Biji Kopi Manual
    Tentunya untuk minum kopi harus menyediakan biji kopi, tapi tidak mungkin kopi yang masih berbentuk biji kita seduh. Perlu mempersiapkan grinder manual untuk memudahkan kita mengurai biji kopi menjadi bubuk agar siap untuk diseduh. Beberapa opsional untuk grinder manual yang fleksibel untuk dibawa seperti Porlex Grinder, Handground Grinder, mau yang agak lebih stylish lagi bisa menggunakan Zassenhaus Grinder atau Comandante Grinder
  3. Selalu Sedia Bubuk Kopi
    Perjalanan kamu tidak terlalu lama, mungkin kamu beranggapan tidak perlu membawa manual grinder sendiri, tapi kamu tetap bisa ngopi kok, walau tanpa membawa penggiling biji kopi manual. Tapi kita harus sudah sedia bubuk kopi untuk diseduh, kamu bisa menggilingnya di rumah lalu meletakkannya pada wadah kedap udara, atau di kantung kopi. Yang terpenting, perlu diingat bahwa menyeduh kopi yang sudah menjadi bubuk dalam waktu beberapa hari, profil rasa kopi sudah tidak terlalu istimewa. Perlu wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran bubuk kopi dalam beberapa hari.
  4. Pilih Espresso Maker Yang Nyaman
    Banyak sekali pilihan espresso maker untuk memenuhi kebutuhan kamu akan kopi, dari ragam espresso maker handy ini pasti tiap orang berbeda kenyamanannya dalam menggunakannya. Cobalah cari alat pembuat espresso yang menurut kamu nyaman, salah satunya seperti Minipresso, Nanopresso ataupun Nomad Espresso Maker.
credit: instagom

Caflano Kompresso

Salah satu espresso maker yang menarik menurut kami, dengan berat keseluruhan sekitar 200gr ini sangat membantu sekali menyajikan espresso yang kita inginkan. Tak perlu khawatir ingin membuat espresso di mana saja kapan pun, hanya memasukkan bubuk kopi ke basket, mengisi air panasnya ke tabung silindris, kemudian menekan airnya untuk melalui bubuk kopi tadi. Sangat menyenangkan dan mudah untuk membuat espresso dengan hasil presure yang konsisten di atas 9 pressure bars.

credit: linkedringphotography.com

Minipresso

Dengan reka desain yang sederhana, minipresso menjadi alternatif yang sesuai untuk penuhi hasrat ngopi kamu. Yang kamu butuhkan hanya bubuk kopi gilingan untuk espresso dan air panas untuk seduhannya, hanya menekannya perlahan beberapa kali, kamu sudah dapat menyajikan espresso dengan crema yang memukau. Hasil espresso sajian minipresso ini menghasilkan sekitar 8 pressure bar, tidak kalah hebat dengan sajian espresso dari mesin.

credit: jebiga.com

Handpresso Pump Set

Dengan set espresso maker ini, kita tidak perlu lagi mempersiapkan termos untuk seduhan, karena dalam satu setnya sudah tersedia termos untuk seduhannya. Tidah hanya itu, handpresso pump set juga dilengkapi dengan 4 cangkir gelas, jadi tidak perlu bingung mencari cangkir lagi. Membuat espresso dengan handpresso tidak terlalu sulit, sangat mudah menghasilkan espresso dengan pressure sekitar 16 presure bar.

Rekomendasi alat lainnya yang dapat memuaskan kebutuhan kamu akan ngopi espresso tanpa ribet, bisa menggunakan alat espresso maker seperti Flair, Nomad, ataupun Staresso. Bagaimana menurut kamu, kamu suka espresso maker yang seperti apa?

src: kickstarter.com img: hiking mastery

2,058 total views, 2 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.