TIPS SEDERHANA AGAR KOPI TAK MENGGANGGU KESEHATAN

Kopi sepaket dengan kafeinnya mengandung beragam jenis kebaikan. Tapi agar kebaikan pada kopi ini maksimal untuk kita, ada beberapa tips sederhana yang diancurkan dilakukan.

MINUM kopi pun ternyata ada anjurannya agar keseimbangan tubuh kita tetap terjaga. Seperti diketahui minum kopi sangat baik untuk kesehatan jika cara dan dosisnya tepat. Pun kita harus ‘mendengar’ reaksi tubuh kita saat minum kopi agar tidak menganggu organ tubuh. Karena seperti diketahui bahwa setiap orang beda reaksinya saat menikmati kopi.

Agar ritual minum kopi yang menjadi keseharian ini tetap lancar jaya, ada beberapa tips yang diancurkan. Tips ini mungkin saja bisa kamu aplikasikan agar kopi tetap menjadi teman terbaik dan bukan berbalik menjadi musuh yang menyakiti.

Imbangi dengan Air Putih

Bukan rahasia lagi jika setelah minum kopi kita merasa haus. Dehidrasi bisa terjadi jika kamu tidak mengimbangi ritual ngopimu dengan minum air putih yang cukup. Kafein pada kopi bersifat diuretik adalah sebuah zat yang mengakibatkan tubuh manusia memproduksi urin. Dan kafein yang terdapat di dalam kopi menyebabkan naiknya aliran darah melalui ginjal. Sebabnya kita mungkin akan sering buang air dan cepat dehidrasi. Jadi disarankan untuk minum air putih yang cukup ya!

Tidak Disarankan Ngopi dengan Perut Kosong

Meskipun banyak teman seperkopian yang langsung minum kopi di pagi hari sesaat sebelum sarapan, hal ini tak bisa diaplikasikan pada semua orang. Mengingat kondisi tubuh setiap orang berbeda daya tahannya. Namun sangat disarankan agar makan terlebih dahulu sebelum minum kopi. Minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa meningkatkan kadar asam ada lambung. Hal ini bisa membuat penyakit asam lambung dan maag kamu kumat. Jadi untuk berjaga-jaga, disarankan makan dulu sebelum ngopi ya!

Kurangi Kopi yang Terlalu Manis

Kopi yang memiliki kandungan gula dan pemanis akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi dengan rutin setiap hari. Jadi usahakanlah untuk menguranginya demi menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Atau jika kamu tidak tahan mengonsumsi kopi pahit, kamu bisa mencari alternatif pemanis yang lebih sehat. Misalnya gula rendah kalori dan organik atau bisa juga dicampur dengan madu.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.