TIPS SEDERHANA MENINGKATKAN KUALITAS SEDUH

Dari hari ke hari kita pasti ingin kualitas seduh kopi meningkat demi rasa yang terus menerus nikmat. 

DAN oleh karena itu diperlukan hal-hal kecil agar rasa pada cangkir meningkat kualitasnya. Saya sendiri banyak belajar dari media sosial dan pastinya diskusi santai dengan teman-teman seperkopian. Dari mereka nikmat kopi yang saya seduh sendiri perlahan berjalan ke arah yang lebih seksi, ke kenikmatan yang melampaui nikmat kemarin.

Jadi untuk teman-teman yang mungkin ingin terus menerus belajar seduh sendiri dan ingin rasa kopinya lebih nikmat dari kemarin, saya akan berbagi tips sederhana yang mungkin bisa kamu lakukan. Tips ini untuk kamu yang pemula. Tipsnya sederhana dan mudah tapi semoga bisa membantu.

Credit : shopify.com

Sortir Biji Kopi

Sebelum seduh biasakan untuk menyortir biji kopimu sebelum digiling. Ada kalanya kamu akan menemui biji-biji kopi ‘cacat’ yang tak sengaja tersangrai. Biji kopi ini akan memengaruhi rasa kopimu. Jadi kalau bisa disortir dulu ya.

Bersihkan Penggiling Kopi Dari Sisa Kopi Sebelumnya

Mau penggiling kopi manual atau pun yang otomatis, keduanya pasti terdapat residu atau sisa kopi gilingan sebelumnya. Biasakan membersihkannya dengan memasukkan biji kopi yang akan kamu seduh sedikit saja lalu buang. Kopi itu akan membawa sisa kopi yang lalu. Sehingga kamu bisa menikmati rasa kopi yang akan kamu seduh secara total tanpa tercemar rasa kopi lain sebelumnya.

credit: search engine

Hangatkan Cangkir dan Server

Biasakan untuk membilas cangkir dan server kopimu dengan air panas sebelum digunakan. Hal ini memang sederhana tapi sangat berguna karena mampu menghilangkan beragam residu dan juga mampu mempertahankan hangat kopimu lebih lama. Jadi suhunya takkan cepat turun dan rasanya pun takkan cepat berubah.

Perhatikan Kualitas Air

Kopi yang kamu nikmati hanya terdiri dari air dan kopi itu sendiri. Jadi tidak semua jenis air mampu mengikat kopi dengan maksimal. Ada jenis-jenis air yang tidak mengeluarkan rasa kopi secara total karena kandungannya tidak begitu baik jika dipakai untuk seduh kopi. Jadi kalau bisa perhatikan kualitas air yang akan kamu pakai untuk seduh ya.

 

Foto utama dari baristocrat.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.