TIPS SEDERHANA MERAWAT FRENCH PRESS

French Press adalah alat kopi paling mudah digunakan, tapi sayangnya jarang yang memerhatikan kebersihannya.

JIKA ditanya ke beberapa teman seperkopian, mereka mengaku bahwa french press adalah salah satu alat kopi yang dimiliki di awal mula kopi menyentuh hidup mereka. Alasannya cukup sederhana; french press mudah digunakan dan terjangkau pula harganya. Tak hanya itu, french pressi memiliki beragam fungsi lain selain menyeduh kopi. Bisa digunakan untuk menyeduh teh, membuat busa susu dan jadi alat pembuat cold brew. 

Credit by philliesbridgecoffee.com

Namun banyak yang abai mengenai perawatan french press ini. Umumnya penggunanya hanya membersihkan french press dengan sabun pencuci piring selayaknya alat minum lainnya. Padahal agar french press senantiasa awet dan tetap optimal dalam menghasilkan kopi enak, ada beberapa tips sederhana dalam merawat french press. Mau tahu apa saja? Sila simak poin-poin di bawah ini!

Singkirkan Ampas Kopi Sesaat Setelah Seduh

Setelah seduh, langsung singkirkan ampas kopi dari dasar french press. Ampas yang dibiarkan mengendap di sana akan mudah tersangkut pada filter di plunger french press. Lubang-lubang kecil akan tersumbat oleh ampas dan jika sudah begini akan sulit dibersihkan dan menganggu hasil seduh kopimu berikutnya.

Credit by pixstatic.com

Bersihkan Total dengan Baking Soda

Karena pemakaian yang sering, sudah pasti akan ada noda yang tertinggal di dinding french pressi, plunger dan seluruh bagiannya. Untuk menyingkirkan noda ini kamu cukup mencuci french press dengan air mengalir. Lalu siapkan wadah yang di dalamnya terdapat air panas, baking soda dan jeruk nipis. Rendam seluruh bagian french press kurang lebih 1 jam. Noda pada french press dan ampas sisa seduh pada filter plunger akan sirna seketika. Setelah itu jangan lupa dibilas kembali dengan air mengalir ya.

Simpan French Press Dalam Keadaan Kering

Pastikan tidak menyimpan french press sepaket dengan plunger-nya saat keadaannya masih lembab. Hal ini akan merusah bagian french press dan juga bisa mengundang bakteri. Keringkan benar-benar french press-mu sebelum disimpan ya!

 

Foto utama dari barista.by

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.