TRIK MENU ICED COFFEE RUMAHAN DI CUACA YANG PANAS

Cara ampuh bersahabat dengan rindu adalah bertemu, cara ampuh bersahabat dengan mood unstable adalah iced coffee. Coffee solves everything.

ICED coffee seperti sebuah oasis untuk mood yang tak stabil dikarenakan cuaca sedang terik, atau hari ini sedang jenuh-jenuhnya. Terpujilah orang pertama yang membuat kopi ini disajikan secara dingin, bahkan menjadi fenomenal hampir di tiap masa perkembangannya. Masih misterius dari mana ide awal berasalnya iced coffee, walau demikian iced coffee tetap saja memiliki fans base.

Beberapa literatur mencoba menelusuri bagaimana pertama kali tercipta minuman es kopi hingga sekarang ini menjadi menu favorit banyak penikmatnya. Satu kisah menceritakan bahwa iced coffee berasal dari abad ke-17 di Vienna, eksperimen terhadap kopi yang ditinggalkan oleh tentara Turki. Kisah selanjutnya, menceritakan bahwa iced coffee berawal dari evolusi minuman di Perancis yang dikenal dengan Mazagran; espresso, lemon dan ice.

Dengan karakter rasa yang ramah untuk semua usia, sebabnya iced coffee sangat digemari untuk mereka yang inginkan minum kopi tapi juga familiar di lidah. Orang yang tidak pernah minum kopi sama sekali pun dapat dengan mudah menikmati iced coffee karena karakter rasa yang bervariasi. Untuk menciptakan karakter rasa iced coffee bukan hal yang sederhana namun tidak juga hal yang sulit. Beberapa trik menu iced coffee di rumah menjadi lebih berasa di cuaca yang tak terduga.

pinterest
credit: pinterest

Prepare Cold Brew/ Jika waktu sudah hampir malam, jangan langsung beranjak tidur, karena itu adalah waktu yang tepat untuk membuat cold brew untuk disajikan besok hari. Tiap orang punya cara tersendiri untuk membuat cold brew favorit mereka. Sedikit saran, dengan merendam kopi menggunakan air dingin beberapa menit memberi waktu ekstraksi, opsional kamu bisa mengaduknya saat waktu ekstraksi. Kemudian saring menggunakan paper filter untuk memisahkan ampas kopi atau bisa juga menyaringnya dengan alat cold brew. Selanjutnya kopi yang sudah terpisah dari ampas kopi, didinginkan di lemari pendingin 8-12 jam lamanya.

Salt Enhancer/ Untuk beberapa orang mungkin terdengar aneh, menambahkan garam untuk secangkir kopi mereka. Tapi, ini berhasil untuk meredakan rasa bitter yang berlebih dari kopi kamu. Awalnya karakter rasa kopi setelah ditambahkan garam akan menjadi sedikit membingungkan, tapi akan ramah dilidah untuk kemudian.

Coffee Ice Cube/ Normalnya ice cube hanya menggunakan air kemudian dimasukan ke freezer, lebih baik lagi kalau ice cube menggunakan kopi. Selalu menyediakan coffee ice cube di rumah adalah langkah tepat, hanya menambahkannya dengan susu, dan rasakan sisi magisnya.

Reuse Coffee Grounds/ Siapa yang mengira ampas kopi ternyata dapat digunakan lagi, beberapa orang memanfaatkan ampas kopi untuk masker kulit. Who knows, ampas kopi bisa menjadi pupuk untuk tanaman, guna menstabilkan tanah dalam pot tanaman.

credit: vogue.co.uk
credit: vogue.co.uk

 

Extra Coffee Menu/ Bingung kopi masih banyak tersimpan, jangan khawatir. Jika takut kopi semakin lama disimpan karakter rasa menjadi aneh untuk dijadikan iced coffee. Cobalah menjadikan extra coffee bahan baku untuk resep sajian brownis atau es krim.

Iced Coffee Hack/ Setelah bahan penting sudah disediakan, kamu bisa bereksperimen setiap hari dengan iced coffee kamu. Mungkin hari ini hanya menggunakan cold brew dengan menambahkan sirup yang sebelumnya kamu buat dari ekstraksi vanila, ekstraksi caramel dan lainnya, nah . . . besoknya siapa yang mengira, kamu akan memadukan coffee ice cube dengan susu dan potongan buah. It’s up to you . .

Walaupun belum terverifikasi awal iced coffee bermula, tapi iced coffee tetap memiliki penggemarnya di seluruh dunia. Kamu, apa iced coffee favoritmu?

src: kitchenstories.io bustle.com img: onlydecolove.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.