TRIK SEDERHANA UNTUK PENGGUNA CLEVER DRIPPER

Kehadiran Clever Dripper disambut cukup baik oleh penikmat kopi. Alat seduh yang satu ini memang dinilai pintar karena mudah digunakan, konsisten dan pastinya menghasilan kopi enak!

CLEVER Dripper bukanlah penetes kopi biasa. Alat seduh yang masuk dalam genre pour over ini terlalu istimewa jika disamakan dengan penetes kopi lainnya. Alat kopi ini dilengkapi sebuah kenop yang bisa membuka dan membiarkan kopi mengucur setelah selesai diseduh. Cara menggunakannya hampir mirip dengan pour over method lainnya. Hanya saja lubang dari penetesnya bisa dibuka-tutup sesuai keinginan.

Baru-baru ini kami melihat akun Instagram James Hoffman, seorang juara barista dan coffee expert yang memang gemar mengulas beragam cara seduh sepaket dengan alat kopinya. Dalam satu unggahan dia berbagi tips sederhana untuk para pengguna Clever Dripper. Sebenarnya sangat sederhana namun tak banyak orang yang memikirkannya.

Menurut James Hoffman, saat menyeduh kopi dengan Clever Dripper, sebaiknya tidak menuang bubuk kopi terlebih dahulu ke dalam coffee dripper. Melainkan menuang air terlebih dahulu lalu kopi menyusul setelahnya. Ya, saya tahu. Ada kebingungan dan rasa tidak terima saat membaca ini. Yang dikatakan James Hoffman tidak lazim dan rasa-rasanya tak pernah kita lakukan. Bagaimana air dulu baru kopi? Apakah itu masih menyeduh namanya?

Credit : Akun Instagram James Hoffman

Tapi ingatlah bahwa ini adalah Clever Dripper. Ada kata ‘pintar’ di sana. Maka menurut James Hoffman, kamu harus menuang air panas terlebih dahulu lalu kopi menyusul setengahnya. Kopi kemudian diaduk bersama air dan biarkan dia ekstraksi hingga 2-3 menit sesuai keinginanmu. Saat selesai tinggal tekan tombolnya dan byur! lahirlah kopi nikmat yang membuatnya sangatlah praktis.

Jika kamu menuang air dahulu baru kopi, akan menghemat waktu saat penetes dibuka. James Hoffman sudah membuktikannya. Pun rasa yang dihasilkan juga nyaris sama nikmatnya. Lalu kenapa mau repot-repot menunggu hasil seduhan turun lebih lama, bukan?

Jadi bagaimana? Apakah trik sederhana menggunakan Clever Dripper dari James Hoffman ini akan kamu praktikkan? Kalau kami sudah praktik dong!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.