UBAH SUASANA RUMAH DENGAN PAPER FILTER BEKAS

Jangan buru-buru membuang paper filter bekas yang telah digunakan untuk penyeduhan kopi pour over, simak ulasan ini kamu pasti penasaran ingin membuatnya.

BUBUK kopi bekas saja masih bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, dari mulai menggemburkan tanah untuk yang hobi berkebun atau pun merawat kesehatan rambut, kulit dan banyak hal lainnya. Dari sini saya penasaran, apakah paper filter yang umumnya digunakan untuk ritual seduh kopi metode pour over, juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Menariknya, ternyata paper filter bekas masih bisa digunakan menjadi bahan kerajinan sebagai sarana bermain anak, atau pun menjadi dekorasi unik di rumah.

Awalnya saya menemukan ulasan kerajinan menggunakan paper filter bekas dari laman thesprucecrafts.com, tapi rasa penasaran saya berlanjut ke banyak laman lain mengulas hal yang sama. Untuk peminum kopi yang menyukai hal bernuansa DIY (do it yourself) maka saya rangkum ide kerajinan tangan yang saya temukan. Semoga menjadi referensi untuk para pecinta kopi yang hobi mengerjakan kerajinan tangan ubah suasana rumah di akhir pekan. Namun ada baiknya, saya perkenalkan terlebih dahulu jenis paper filter yang sering digunakan para pecinta seduhan kopi pour over.

credit: roastycoffee.com

Secara umum paper filter yang digunakan untuk menyeduh kopi terbagi dua jenis bleached filter dan unbleached filter. Bleached filter adalah paper filter yang tidak melalui pemutihan umumnya berwarna kecoklatan, sedangkan unbleached filter adalah paper filter yang melalui proses pemutihan. Alat kopi yang menggunakan paper filter tergantung jenis alat kopi itu sendiri, seperti kalita wave menggunakan paper filter bergelombang, V60 menggunakan paper filter berbentuk kerucut terbalik, dan Flat Driper juga menggunakan paper filter khusus. Kamu bisa saja menggunakan paper filter apa pun untuk mengkreasikan ide kerajinan kamu. Selengkapnya ulasan tentang paper filter ada di sini.

credit: patchodirtfarm

Menginginkan dekorasi musim gugur, dengan potongan ranting dan coffee paper filter yang diwarnai untuk menjadi daunnya, sungguh menarik menjadi dekorasi di rumah untuk suasana tertentu.

credit: urbancomfort

Mengajak si kecil untuk bermain atau ingin dekorasi suasana paskah di rumah, dengan membentuk paper filter bekas menjadi keranjang telur dan wortel, dekorasi rumah semakin menarik.

credit: thesprucecrafts.com

Pot berisikan bunga dari paper filter sangat menarik diletakkan di atas meja atau pun sudut ruangan. Dengan pot bunga keramik yang unik dan juga sedikit pewarnaan, di paper filternya akan menjadi bunga yang indah.

Pernahkah kamu mengerjakan kerajinan tangan dari perlengkapan bekas seduhan kopi kamu, yuk berbagi pengalaman.

sumber
thesprucecraft.com coffee paper filter
makeandtakes.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.