UNTUK PENGOPI PEMULA BAIKNYA SEDIA BUBUK KOPI ATAU BIJI KOPI?

Punya teman yang sangat antusias dengan kopi terkadang secara tak sengaja kita pun perlahan ikut menjadi antusias akan sajian kopi. Teringin untuk seduh kopi sendiri di rumah, namun tidak tahu mana yang terbaik antara sedia bubuk kopi atau biji kopi.

TENTUNYA untuk terjun secara menyeluruh sebagai penikmat kopi speciality harus berkenalan lebih jauh tentang kopi, dari yang demikian itulah menikmati kopi akan terasa lebih nikmat. Jika tak mengerti tentang kopi, bagaimana karakteristik rasa yang ada pada kopi, alhasil untuk mereka yang awam akan kopi hanya mendeskripsikan satu rasa yang umum, yaitu pahit. Hal ini, karena pola pikir yang berkembang di masyarakat bahwa rasa kopi itu pahit dan akan menjadi ramah jika ditambahkan gula, ini yang salah. Buang dulu pola pikir lama bahwa kopi itu pahit, mulailah berkenalan bahwa kopi itu memiliki rasa yang lebih kompleks daripada hanya sekadar rasa pahit.

BERKENALAN DENGAN KARAKTER RASA
Rasa kopi terbentuk dari ekstraksi bubuk kopi dengan seduhan air panas pada suhu optimal untuk ekstraksi, dan kemudian membentuk Aroma, Body, Acidity dan Flavour, sehinga menjadi kenikmatan yang kompleks.

credit: theconnectionexchange.com
  • Aroma

Beberapa sajian kopi arabika memiliki aroma yang kuat dan ada juga yang memiliki aroma yang tipis. Karakter aroma ini terbentuk dari kondisi wilayah tanam, pengolahan, proses kopi, dan roastingnya. Semua hal tersebut membentuk aroma kopi, yang mana juga membentuk kesan rasa lebih kuat ketika menikmatinya.

  • Body

Istilah body pada kopi identik dengan kesan kuat ketika kopi disesap, ketika kopi dikulum dimulut. Hal ini dipengaruhi dari metode seduh yang digunakan untuk menyeduh kopi, dan umumnya metode French Press akan memiliki body lebih kuat dari metode seduh lainnya. Tentunya, roasting juga membentuk karakter body dari si kopi, apakah itu body yang ringan atau body yang berat.

  • Acidity

Karakter asam dari si kopi terbentuk dari pemrosesan, pemrosesan yang berbeda maka karakter rasa asam yang terkandung juga berbeda. Semisal, proses natural lebih rendah karakter asamnya dibandingkan dengan proses washed. Bukan itu saja, tahap roasting juga membentuk kandungan asam dari si kopi. Varietas dan ketinggian tanam juga berkontribusi untuk membentuk karakter asam dari si kopi. Sehingga ketika menikmati kopi, ada kesan rasa asam buah, asam berry, asam yang lembut, tergantung penikmat kopi mengesankannya.

  • Flavour

Bisa dibilang flavour adalah rasa akhir dari perpaduan ketiganya antara aroma, body dan acidity. Flavour ini terbuat dari senyawa kompleks yang ditafsirkan oleh kesan yang dicecap lidah dan aroma yang dihirup hidung. Ini sebabnya, mengapa rasa kopi lebih kompleks dari hanya sekadar rasa pahit. Bagi mereka yang peka, beruntunglah dapat membedakan karakter rasa umum yang ada pada kopi seperti fruit acids, herbal dan kacang-kacangan, caramel, dan rasa kering.

credit: indianestates.co.in

MENJAGA PERSEDIAAN KOPI MENJAGA KARAKTER RASA

Perlu diketahui, karakter rasa kompleks yang demikian itu, tidak dapat terwujud jika persediaan kopi yang akan diseduh tidak baik. Maka dari itu, wadah penyimpanan dari kopi harus kedap udara agar terhindar dari oksidasi yang merugikan. Oksidasi kopi akan melepas senyawa-senyawa penting pembentuk rasa, melepaskannya ke udara sehingga kopi tidak nikmat lagi diseduh. Lalu, mana sebenarnya yang baik untuk pengopi pemula, menyimpan kopi dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk biji.

  • BUBUK KOPI TAK TAHAN LAMA

Untuk pengopi pemula yang belum ada alat seduh kopi sendiri di rumah, pasti akan memilih menyimpan kopi dalam bentuk bubuk. Dalam bentuk bubuk kopi, mungkin akan sangat mudah ketika menyeduhnya, hanya membancuhnya dengan air panas kemudian jadilah sajian kopi tubruk. Atau menambahkannya dengan susu untuk sajian kopi susu, tapi pasti sajian ini memerlukan intuisi yang tinggi agar tidak kekurangan/kelebihan air seduhan untuk satu cangkir sajian kopi.

Pada minggu pertama, sebenarnya sama saja nikmatnya menyimpan bubuk kopi dalam bentuk bubuk atau biji kopi, namun setelah beberapa hari barulah terlihat perbedaannya. Bubuk kopi terasa kurang nikmat lagi, karena kopi yang disimpan dalam bentuk bubuk mudah teroksidasi dan terurai senyawa pembentuk rasa ke udara. Walaupun wadah penyimpanannya kedap udara, lebih disarankan untuk menyimpan kopi dalam bentuk biji, pun kalau belum ada manual grinder untuk menggilingnya, jangan menyimpan kopi dalam jumlah banyak, cukuplah 100gram bubuk kopi untuk kebutuhan kopi selama 1 minggu, karena kesegaran bubuk kopi biasanya hanya bertahan 2-3 hari. Lebih dari itu, biasanya bubuk kopi telah berkurang aromanya dan tidak menarik lagi ketika diseduh.

 

credit: huffingtonpost.com
  • BIJI KOPI LEBIH TAHAN LAMA

Yang paling pertama sekali, jika memutuskan untuk menyimpan biji kopi di rumah, maka kita harus mempersiapkan grinder untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi untuk diseduh. Walaupun, banyak tips alternatif tanpa grinder bisa menggiling biji kopi hingga menjadi bubuk menggunakan, gilingan batu, blender, atau menumbuknya, tapi tetap saja alat alternatif ini tidak mampu menggiling jadi bubuk kopi yang presisi. Pasti ada saja butir bubuk kopi yang kasar dan ada yang halus, maka dari itu lebih baik mempersiapkan grinder di rumah.

Kopi yang disimpan dalam bentuk biji kopi tidak mudah teroksidasi, sehingga akan tetap nikmat ketika diseduh dalam waktu yang lama dibandingkan menyimpannya dengan bubuk kopi. Ketika ingin menyeduhnya, kemudian saat itulah menggiling biji kopinya menjadi bubuk kopi, seduh hikmat dengan rasa yang nikmat. Dengan menyimpan kopi dalam bentuk biji kopi, sekitar 100gr biji kopi bisa untuk kebutuhan ngopi 2 hingga 3 minggu, tergantung berapa cangkir per hari yang kita minum. Menyimpan biji kopi pada kantung aluminium foil dengan one way valve, bisa menjaga kesegaran biji kopi hingga 3 bulan, jika menyimpannya dengan baik.

credit: afantihk.com

Nah, menjadi sangat penting jika ingin menyeduh kopi nikmat tiap hari di rumah, kita harus memiliki grinder pribadi di rumah kita sendiri. Ingin menjadi homebrewers untuk pertama kali, kita harus mempunyai grinder yang mumpuni untuk seduh kopi sendiri di rumah.

src: detourcoffee.com img: thefreenewsman.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.