WARUNG KOPI PURNAMA BANDUNG

Di tengah banyaknya kedai kopi modern yang tumbuh di seluruh penjuru Bandung, ada sebuah kedai kopi klasik yang hingga kini masih didatangi peminatnya: Warung Kopi Purnama.

BANDUNG masih saja menjadi sebuah kota sejuk yang menyenangkan. Dan kembalinya ke Bandung berarti kembali ke beragam kedai kopi yang masing-masing cangkirnya mengandung cerita tersendiri. Kami yang habis menyelesaikan ‘tugas negara’ di Jakarta memutuskan naik kereta ke Bandung demi liburan singkat. Di waktu yang singkat ini kami memutuskan untuk mampir ke sebuah kedai kopi legendaris bernama Warung Kopi Purnama.

Meski sudah berkali-kali ke Bandung, tapi baru kali ini saya mampir ke Warung Kopi Purnama ini. Lokasinya berada di Jalan Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung. Warung kopi ini berdiri di bangunan khas kota lama dengan warna bata yang mirip Gedung Belanda.

Meski katanya sudah buka dari pukul 07.00 WIB, kami baru sempat mampir menjelang sore. Maklum ada satu dua hal yang harus diselesaikan dan beruntung kedai ini masih menyenangkan di sore sejuk yang adem ini. Meski namanya ‘warung kopi’ ternyata Warung Kopi Purnama yang sudah berdiri sejak 1930-an ini banyak menyediakan menu selain kopi.

Saya sendiri memesan secangkir Kopi Susu Panas yang ternyata rasanya khas kopi tiam. Kopi susu ini mungkin menggunakan biji kopi robusta namun terasa menyenangkan dengan leburan susu yang manis dan sedap. Tak hanya kopi susu panas, kami memesan minuman Sarsaparila yang kemasannya ‘retro’. Kalau di Medan rasanya mirip minuman merek ‘Badak’.

Tak hanya minuman, kami juga memesan Bakso Ayam yang menurut lidah Sumatera Utara kami rasanya kurang nendang. Maklum, kami suka sesuatu yang berbumbu, Tapi meski begitu tekstur baksonya kenyal dan isinya banyak sekali!

Tak hanya sampai di situ saja, kamu juga memesan camilan yang mirip crepes berisi keju. Camilan ini cukup unik dan sepertinya memang diciptakan untuk jadi teman ngopi.

Untuk saya sendiri Warung Kopi Purnama ini terasa begitu istimewa bukan karena rasa kopinya, namun suasana yang dibangunnya. Gedung tua yang klasik dan menyimpan kisah ini yang membuat orang kerap datang. Tapi jika kalian mampir sore-sore ke sini, saya sarankan untuk ngopi di bagian belakang. Bagian outdoor terasa menyenangkan dengan cuaca Bandung yang sejuk. Ya, karena bagian depan yang indoor menurut saya terlalu gelap kalau sore hari.

Lalu apakah Warung Kopi Purnama ini akan tergerus modernitas industri kopi di Bandung? Jawabannya mungkin tidak. Karena di sini modernitas bukan satu-satunya hal yang dicari. Ada suasana klasik dan khas yang membuat kedai ini tak tergantikan. Dan untuk saya Warung Kopi Purnama adalah ‘sepotong kenangan’ yang layak untuk didatangi. Ya, setidaknya sekali seumur hidup.

Warung Kopi Purnama

Jalan Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung, Jawa Barat 40111

Telepon: (022) 4201841

Jam Buka : 06.00 – 22.00 WIB

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.