YANG BARU DARI CONG KOPI DA NANG VIET NAM

Saat kami tahu Cong Kopi kini sudah renovasi dan pindah ke lokasi yang lebih strategis, kami ikut bersuka cita. Dan tentu saja melipir ke gerainya dan merasakan atmosfer berbeda di sana.

MASIH ingat dengan artikel kami tentang Cong Kopi, sebuah kedai kopi di Da Nang, Viet Nam yang salah satu pemiliknya adalah orang Indonesia? Kedai kecil yang dahulunya berada di sebuah gang kecil di Da Nang ini kini pindah ke jalan utama tepat di lokasi turistik nan strategis. Saat kami mampir ke Da Nang Januari kemarin, ada perasaan kagum yang membuncah karena Cong Kopi bertumbuh dari kedai kopi rumahan menjadi kedai kopi spesialti dengan pemandangan canggih: Sungai Han!

Cong Kopi yang baru berdiri di sebuah ruko berlantai tiga. Tapi mereka hanya menggunakan lantai satu saja sebagai gerai kedai tempat orang-orang dari seluruh penjuru dunia mampir dan berkisah. Di lantai dua sementara ini dijadikan ruang sangrai oleh sang roaster yang merangkap owner, Melzna Zhang.

Di coffee bar sebuah mesin cantik La Marzocco Linea yang bersanding bersama grinder (salah satunya Mahlkonig EK43) dan alat-alat seduh lainnya sibuk bekerja karena selalu ada saja pengunjung yang datang yang memesan macam-macam. Seminggu penuh Cong Kopi menjelma ‘kantor’ saya. Sudut favorit saya adalah di bagian coffee bar. Menatap teman-teman barista menyeduh kopi sambil mengamati pengunjung yang tiba dengan ceritanya masing-masing.

Cong Kopi memiliki banyak varian single origin yang dicari dari berbagai daerah dan tentu saja dari Indonesia. Kopi Gayo dan aneka Kopi Sumatera menghiasai meja bar. Dan perasaan syahdu merasuk ketika menikmati kopi Indonesia di negeri asing. Tak hanya serius pada menu kopi, Cong Kopi juga tak main-main dengan menu minuman lain. Contohnya saja menu Matcha Lemonade yang matcha-nya sendiri didatangkan dari Jepang. Pun cara membuatnya mengadaptasi negeri asalnya. Rasanya? Wuih segar bukan main!

Orang-orang di belakang Cong Kopi adalah manusia eksperimental dan berani mencoba. Mereka kadang menyajikan minuman yang di luar menu, seperti kopi dicampur liqour yang rasanya bikin dada hangat. Meski tak menjual makanan, Cong Kopi ini menurut saya adalah kedai kopi paling nikmat se-Da Nang. Bukan, bukan karena yang punya adalah teman saya, tapi pengalaman saat ngopi di sini yang membuatnya terasa begitu seru.

Jika ingin mampir ke sini, datanglah menjelang senja. Saya dan Ingrid (salah satu baristanya) gemar duduk sambil menontoni manusia di Sungai Han dan terkadang hanya melihat tiga pohon yang dahannya begoyang-goyang. Dan tentu menertawakan lakon para turis yang membuat geleng-geleng kepala atau geli-geli sendiri.

Saat melihat Cong Kopi bertumbuh sepesat ini, dada saya terasa begitu hangat. Menjadi saksi tumbuhnya kedai kopi dari awal hingga kini serasa menonton keponakan tumbuh. Dan itu yang saya rasakan bersama Cong Kopi!

Terima kasih untuk Mel, Kit, Bin, Ingrid dan semua manusia Cong Kopi!

Cong Kopi

92 Bạch Đằng, Hải Châu 1, Hải Châu,

Đà Nẵng 550000, Vietnam

Jam Operasional : 08.00 – 19.00 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.