YANG MANA COFFEE ENHANCER FAVORIT KAMU

Jika penikmat kopi hanya dinilai berdasarkan apa yang mereka minum, lalu apakah orang yang sering menambahkan suatu bahan ke kopi mereka dengan harapan mengeksplorasi rasa bukan seorang penikmat kopi?

CARA terbaik menikmati secangkir kopi kita adalah dengan penuh bahagia, jika rasa ingin tau akan sebuah eksplorasi rasa membuat kita bahagia, mengapa tidak? Banyang diantara kita yang menganggap kopi yang mereka minum adalah kopi yang nikmat, sedangkan kopi yang orang lain minum tidak lebih nikmat dari apa yang mereka minum. Padahal, kopi yang nikmat itu hanya persepsi tiap orang untuk memberikan kesan nikmat pada kopi mereka. Malahan ada yang mengakui kenikmatan morning coffee mereka dengan campuran susu, dan ada juga yang menikmati dengan hikmat kopi dengan madu ketika malam. Sehingga disimpulkan bahwa kopi yang nikmat adalah kopi yang diteguk bahagia.

Jika kita termasuk ke dalam golongan pengopi yang mempersiapkan tambahan ke kopi kita, lalu tambahan seperti apa yang membuat kopimu menjadi lebih membahagiakan hari. Mungkin sedikit opsi yang mungkin bisa membuat secangkir kopi kamu hari ini lebih berkesan.

credit: werokitchen.com

Potongan Buah
Mungkin tidak semua jenis buah yang bisa dipasangkan dengan sajian kopi, tapi jika ingin mengeksplorasinya tidak masalah juga. Apakah itu buah apel, buah pisang, nanas dan lainnya. Tapi secara literatur sejarah, ada tradisi tua sajian kopi yang hingga kini pun masih ada, adalah buah lemon. Cangkir kopi yang akan digunakan, sebelum dituang dengan kopi, permukaan bagian dalam cangkir dioleskan dengan potongan lemon, sehingga kesan lemon yang menempel di sisi dalam cangkir akan memberikan rasa khas ketika kopi dituang. Lalu bagaimana dengan buah lainnya, sekilas buah yang sesuai adalah buah yang memiliki rasa asam, agar asam dari buah dapat meningkat karakter rasa dari kopi.

Bumbu Dapur
Eits, jangan berhenti sampai di sini, bumbu dapur itu banyak jenisnya, dari kayu manis, jahe, dan lainnya. Jangan heran jika ada penikmat kopi yang menambahkan secangkir kopi mereka dengan ragam bumbu dapur. Karena beberapa daerah di wilayah negara Asia, tidak hanya menambahkan susu pada kopi mereka, tapi juga memasukkan potongan kayu manis, gula aren, bubuk kunyit untuk memberikan kesan rasa yang berbeda pada kopi mereka. Sehingga karakter rasa dari kopi, akan bercampur dengan rasa khas dari rempah bumbu dapur yang mereka masukkan ke cangkir kopi mereka.

credit: chefstef.com

Syrup
Sebenarnya menambahkan sirup pada sajian kopi, umumnya dilakukan pada sajian kopi dingin seperti cold brew atau sajian milk-based coffee. Tapi tidak ada salahnya ingin mencoba menambahkan sirup pada sajian kopi panas, pada kadar yang sedikit sirup yang ditambahkan ke kopi dapat menciptakan rasa yang beda dan berimbang. Tapi jangan memasukkan sirup terlalu banyak pada sajian kopi, malahan bisa menyebabkan rasa dari kopi hilang.

Bagaimana dengan secangkir kopi kamu, pernahkah sajian kopi kamu tambahkan dengan bahan lainnya, untuk menciptakan kesan rasa yang berbeda.

img: bhmpics.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.