YANG TERBARU DARI BIALETTI

Pelopor mokapot asal Italia yang telah eksis sejak 1933 terus berinovasi dan beradaptasi dengan jaman.

MESKI merupakan perusahaan yang telah sangat ‘tua’ tapi Bialetti sepertinya masih tidak akan berhenti untuk terus menciptakan alat-alat pembuat espresso rumahan. Moka pot produksi perusahaan Italia yang kadang disebut juga dengan macchinetta dipatenkan pertama kali oleh penemunya, Luigi De Ponti, di tahun 1933. Sejak itu Bialetti Industrie terus menghasilkan moka pot bermodel sama di bawah nama “Moka Express”. Untuk penggemar espresso, kopi-kopi kental beraroma tajam atau kopi-kopi ala second wave, moka pot Bialetti termasuk primadona yang tetap diminati hingga saat ini.

Jika beberapa waktu lalu kami pernah membahas berbagai jenis Bialetti di sini, maka daftar itu kini bertambah dengan adanya dua moka pot versi baru lagi dari Bialetti: stainless steel dan elektrik. Bagaimana kedua moka pot itu selengkapnya? Oke, mari kita bahas satu-satu.

 

Stainless pots

Moka pot (versi) stainless steel di sini adalah moka pot di luar Bialetti induksi yang pernah dibahas sebelumnya. Bialetti stainless pots ditujukan bagi penggemar kopi yang menyukai rasa yang lebih smooth dan tidak terlalu strong seperti hasil seduhan moka pot Bialetti pada umumnya—karena ia terbuat dari stainless steel bukan aluminium. Moka pot stainless ini diciptakan tetap dengan mengikuti standar Bialetti, yaitu mengutamakan kemudahan membuat kopi tanpa meninggalkan keindahan desainnya. Stainless pots dibentuk dalam desain kontemporer yang ramping dan manis.

Ada 3 moka pot baru yang masuk ke dalam edisi stainless pots ini yaitu Bialetti Musa, Bialetti Kitty dan Bialetti Venus. Bialetti edisi ini terbuat dari bahan stainless steel 18/10 dengan pegangan yang ergonomis dan tahan panas.

 bialetti-stainless-pots

Cara perawatan Bialetti stainless pots

▪ Untuk pemakaian pertama kali. Lepaskan semua kertas label dan kemasan. Bersihkan semua bagian dengan air yang berbusa. Siram semua bagian secara merata sampai bersih untuk menghilangkan sisa-sisa busa/sabun.

▪ Untuk membersihkan setelah penggunaan berkali-kali. Bersihkan dengan tangan semua bagian stainless pots dengan air yang hangat dan tidak perlu menggunakan sabun/busa kali ini. Lalu keringkan dengan handuk bersih. Sebaiknya jangan memasang stainless pots sampai semua bagiannya kering untuk menghindari moka pot dari oksidasi. Stainless pots juga sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam dishwasher dan jangan menggunakan alat-alat tajam atau abrasive ketika membersihkannya.

 

Tips memakai Bialetti stainless pots

Gunakan bubuk kopi yang memang ditujukan khusus untuk moka pot. Jangan gunakan bubuk kopi yang terlalu halus.

Periksa bagian funnel, filter flate dan washer yang akan dipakai. Setelah kurun waktu tertentu, bagian-bagian ini mungkin perlu diganti.

Jangan pernah menggunakan stainless pots tanpa ada air di dalamnya.

Bialetti stainless pots didesain hanya untuk keperluan menyeduh kopi saja, jangan gunakan materi lain di luar kopi seperti teh, bubuk cacao atau kopi instan karena itu akan menyumbat bagian filter plate-nya.

 

Bialetti elektrik

Moka pot edisi elektrik Bialetti ini kadang disebut Bialetti easy caffe meski penggunaan resminya sering disebut Bialetti Moka Timer. Moka Timer ini seperti perpaduan antara tradisi dengan teknologi. Untuk materialnya, Moka Timer terbuat dari food grade aluminium alloy (yang aman untuk kesehatan) dan memiliki fitur sistem pemanas built-in yang dilengkapi dudukan elektrik. Karenanya, moka pot ini sangat ideal untuk dibawa bepergian dan bisa dihubungkan ke sumber listrik dimana saja.

Yang menarik dari Bialetti Moka Timer adalah kemampuannya membuat kopi dalam waktu yang relatif cepat, hanya sekitar 5-6 menit. Sistem elektriknya pun akan otomatis mati (switch off) setelah brewing. Hampir sama seperti edisi Moka Melody, pada Moka Timer, sebuah alarm pun akan berbunyi begitu kopi yang diseduh telah mendidih sehingga memberi petunjuk lebih mudah sekiranya kalian meninggalkan moka pot ini sejenak. Dan karena materialnya yang terbuat dari aluminum, moka pot edisi ini bisa menjaga kopi tetap panas selama sekitar 25-30 menit. (Pada percobaan yang kami lakukan, kopi seduhan Moka Timer ini bahkan masih sama tetap panas meski sudah lebih dari 30 menit).

bialetti-moka-timer

Cara perawatan Bialetti Moka Timer

▪ Untuk pemakaian pertama kali. Lepaskan semua kertas label dan kemasan. Bersihkan semua bagian dengan air hangat—tanpa busa/sabun. Perlu diingat untuk tidak merendam moka pot timer ini dalam air. Bersihkan secara merata untuk menghilangkan sisa-sisa residu. Dan sebagai langkah terakhir, sebaiknya buat 2-3 pots kopi sebelumnya (tapi tidak untuk diminum) untuk ‘membumbui’ pot pada Moka Timer.

▪ Untuk membersihkan setelah penggunaan berkali-kali. Bersihkan dengan air yang hangat. Lalu keringkan dengan handuk bersih. Sebaiknya jangan memasang stainless pots sampai semua bagiannya kering untuk menghindari moka pot dari oksidasi. Sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam dishwasher dan jangan menggunakan alat-alat tajam atau abrasive ketika membersihkannya. Catatan: jangan rendam bagian hot plate dan base/dudukannya dalam air.

 

Tips memakai Bialetti stainless pots

Gunakan bubuk kopi yang memang ditujukan khusus untuk moka pot. Jangan gunakan bubuk kopi yang terlalu halus.

Untuk froth yang lebih lama dan lebih full-bodied, sebaiknya blend kopi yang akan diseduh dengan Moka Timer ini dengan kopi Robusta juga.

Sama seperti stainless pots, sebaiknya periksa juga bagian funnel, filter flate dan washer yang dipakai pada Moka Timer. Setelah kurun waktu tertentu, bagian-bagian ini mungkin perlu diganti. Dan, jangan lupa bahwa Moka Timer juga diciptakan khusus untuk membuat kopi/espresso, maka sebaiknya jangan gunakan materi lain di luar kopi seperti teh, bubuk cacao atau kopi instan karena itu akan menyumbat bagian filter plate-nya.

Selamat membuat kopi dengan moka pot Bialetti baru! 🙂

 

bialetti moka pot

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menggemari komik, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.