YUK COBA SEDUH DENGAN DRIPPER COFFEE DENGAN METAL FILTER!

Akhir-akhir ini saya sangat menikmati menyeduh dengan coffee dripper sepaket dengan metal filter-nya. Selain memberikan sensasi rasa yang menarik, coffee dripper ini juga mengusung gaya hidup eco-friendly.

METAL dripper bukanlah sebuah nama baru di industri kopi kita. Penyaring kopi jenis ini biasanya memberikan hasil seduhan yang lebih aromatik, body, dan berbeda dengan paper filter yang lebih banyak dipakai para home brewer. 

Penyaring kopi dari material metal ini biasanya tidak terlalu digemari karena harganya yang lebih mahal dari paper filter. Padahal jika dihitung-hitung bisa jadi lebih hemat karena metal filter hanya mahal di awal dan bisa dipakai berkali-kali hingga masa yang tak ditentukan. Sedangkan paper filter hanya bisa dipakai sekali saja.

Beberapa alat seduh pun ternyata ada yang didesain langsung dengan metal filter-nya. Dengan kata lain kamu tak perlu membeli dua alat terpisah: coffee dripper dan metal dripper-nya. Namun cukup sekali beli dalam satu wujud saja.

Beberapa alat tersebut antara lain Kinto Column Coffee DripperHario Dripper V60 Metal Filter dan Kinto Coffee Jug Set. Sebenarnya ada banyak alat seduh pour over lainnya. Tapi untuk saya ketiga alat ini cukup menarik, ekonomis dan memberi hasil seduh yang asyik sekali!

Kinto Column Coffee Dripper didesain sangat compact, ringan dan mudah dibawa kemana-mana. berbeda dari dripper lain yang berbentuk kerucut, alat seduh ini malah berbentuk tabung. Cukup diletakkan di atas cangkir dan kopi dengan mudah bisa diseduh. Bahkan jika kamu sedang berpergian tak perlu khawatir menyeduh tanpa gooseneck kettle. Kontrol air tak terlalu masalah karena alat ini mampu mentolerir itu! Harganya yang tak sampai 300 ribu rupiah membuatnya laris manis!

Hario Dripper V60 Metal Filter sangat mirip dengan Hario V60 dengan paper filter biasa. Baik dari segi desain maupun dari segi penggunaan. Yang membedakannya adalah saringannya yang terbuat dari metal dengan lubang-lubang mikroskopik yang khas. Saya sangat menikmati menyeduh dengan alat ini karena hasilnya lebih kuat dan aroma lebih dahsyat. Hanya dengan berinvestasi 360 ribu rupiah kamu tak perlu lagi berulang kali membeli paper filter. Hemat jangka panjang!

Kinto Coffee Jug Set berbeda dari dua alat seduh ber-metal filter di atas. Alat seduh yang satu ini dilengkapi dengan server yang menjadi satu paket dengan metal dripper-nya. Bentul metal dripper-nya sendiri seperti kerucut dan langsung melekat pada server-nya tanpa perlu penyangga coffee dripper lainnya. Kinto memang jagonya desain. Oleh karena itu, alat seduh ini didesain minimalis dan sedap dipandang. Hasil seduhannya cukup body dan jika kamu bermain-main di rasio akan menghasilkan hasil yang segar pula!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.